Selasa, 23 Agustus 2011

Tips Ampuh : Makanan dan Minuman bisa Picu Sakit Kepala











SAKIT kepala bisa jadi salah satu keluhan kesehatan yang seringkali dilontarkan. Pemicunya cukup beragam, bukan hanya melulu soal kondisi kesehatan tetapi juga makanan atau minuman yang dikonsumsi.
Banyak praktisi kesehatan berpendapat bahwa sakit kepala bisa diatasi dengan menjaga pola makan tetap seimbang,termasuk, menghindari atau setidaknya mengurangi makanan dan minuman yang bisa memicu sakit kepala.

Berikut adalah lima makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, seperti dilansir dari situs Healthmeup.com.

1. Keju

Susu mengandung protein tinggi, yang sangat penting dalam pembuatan keju. Protein ini ketika diproses dalam tubuh akan memicu produksi tyramine. Selama proses ini, bisa menimbulkan rasa sakit kepala. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi keju dengan jumlah yang tak berlebihan.

2. Alkohol

Alkohol, meski dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit bisa memicu sakit kepala karena langsung menyerap ke dalam darah. Untuk itu, hati-hati saat mengonsumsi minuman beralkohol, meskipun jumlahnya sedikit.

3. Makanan dengan zat pewarna

Zat pewarna yang digunakan pada makanan juga bisa memicu reaksi alergi dan sakit kepala. Hal terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tak mengandung pewarna atau bahan pengawet.

4. Kopi

Pada beberapa orang, kopi memang bisa mengurangi sakit kepala. Tetapi, juga sebaliknya, yaitu memicu sakit kepala. Itu karena kandungan kafein pada kopi ketika bercampur dengan magnesium pada tubuh bisa memicu sakit kepala.

5. Makanan cepat saji

Makanan-makanan siap saji biasanya mengandung banyak monosodium glutamat (MSG). Zat ini mudah sekali memicu rasa nyeri di kepala, bahkan bisa memperburuknya. Lagi pula, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan siap saji. Hal ini memicu aliran darah lebih cepat secara tiba-tiba ke otak dan menimbulkan sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar