Kamis, 11 Agustus 2011

Tips Ampuh : Empat Kunci Sehat Jalani Bulan Puasa











RAMADAN
adalah bulan yang spesial bagi umat muslim. Momen berpuasa yang diakhiri dengan makan bersama saat azan Magrib berkumandang rasanya merupakan saat-saat membahagiakan.

Berpuasa tak sekadar menahan lapar atau tidak makan di siang hari. Berpuasa juga merupakan waktu bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan memakan makanan yang bergizi. Berikut tips agar puasa Anda tak hanya menambah amalan, tapi juga menyehatkan tubuh:
1. Minum banyak air

Tubuh yang terhidrasi penting kala puasa. Minumlah air atau jus buah saat berbuka puasa dan sebelum tidur sehingga tubuh bisa menyesuaikan kadar cairan pada waktunya. Ini juga membantu menghindari sakit kepala dan kelelahan.

2. Ganti gula dengan buah bila memungkinkan

Ya, ini memang sulit! Gula merampas mineral dan vitamin dari tubuh kita. Selama berpuasa, kita harus mengonsumsi sebanyak mungkin mineral dan vitamin. Juga, ingat bahwa nasi putih dan roti putih memiliki peran yang sama dalam tubuh kita seperti halnya gula.

3. Makan sup

Sup bisa dibuat dengan cepat dan mudah. Selain itu, sup adalah makanan yang mudah diserap oleh tubuh. Ini juga cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan di tubuh. Sup juga mengenyangkan. Maka itu, tak ada salahnya menyajikan sup saat buka puasa selanjutnya.

4. Jangan makan berlebihan

Saat berbuka puasa, rasa lapar yang tertahan seharian cenderung membuat kita kalap makan. Ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Rahasianya membuat perubahan pada tubuh Anda yakni harus sesederhana mungkin. Selama Ramadhan, sistem pencernaan kita turut puasa sehingga tak baik membuatnya berkerja ekstrakeras saat berbuka. Ambillah gigitan kecil, makan lambat, dan mengunyah dengan baik akan membantu mencegah gangguan pencernaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar