Kamis, 22 September 2011

Berita Pertanian : Pengusaha Diharapkan Dukung Ketahanan Pangan

Jakarta. Pemerintah mengharapkan kalangan pengusaha untuk mendukung upaya pencapaian ketahanan pangan nasional melalui kegiatan investasi. Peluang investasi yang ditawarkan dari sektor pertanian, lanjutnya, tidak hanya pada usaha budidaya namun juga usaha industri.
Salah satu bidang yang ditawarkan pemerintah terhadap para investor yakni pengembangan kawasan pangan dalam skala luas atau "food estate" guna mewujudkan ketahanan pangan.

Sementara itu Direktur UBM Indonesia (penyelenggara CWSEA 2011) Eko Prabowo menyatakan, melalui kegiatan pameran dan konferensi yang akan digelar pada 30 November-1 Desember 2011 itu diharapkan mampu meningkatkan volume perdagangan khususnya di sektor agribisnis.

Kegiatan ini, lanjutnya, dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para pengusaha dan pemangku kepentingan pangan serta pertanian di kawasan ASEAN untuk bertemu dan membentuk jaringan usaha dan sinergi di bidang pangan dan pertanian.

Eko mengatakan, pameran yang akan diselenggarakan di Balai Kartini tersebut rencananya diikuti 250 peserta terutama dari negara-negara Asean serta menampilkan 40 stan pameran.

Menteri Pertanian Suswono yang dijadwalkan sebagai salah satu pembicara akan memberikan gambaran tentang peluang dan potensi kerjasama pemerintah dan swasta dalam memperkuat ketahanan pangan.

Selain itu juga akan dihadiri Sekjen Asean Surin Pitsuwan yang akan membahas hasil yang dicapai dalam pembicaraan Pertemuan Menteri Pertanian dan Kehutanan Asean (AMAF) yang rencananya dilaksanakan di Jakarta pada Oktober 2011. (ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar