Jumat, 16 September 2011

Tips Ampuh : Tips Memilih Daun Kemangi Segar









DAUN
kemangi terkenal dengan aroma segarnya. Tak heran jika daun lalapan ini sering dimanfaatkan sebagai pelengkap bahan utama masakan. Meski begitu, Anda perlu tahu cara memilih daun kemangi yang segar.
Jika Anda memilih daun kemangi yang jelek atau berkualitas buruk, maka akan membuat Anda mudah terserang penyakit. Tak hanya itu saja, zat yang terkandung dalam daun kemangi akan mengeluarkan racun yang jika dikonsumsi akan langsung menyebar dalam tubuh. Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, zat tersebut dapat membuat manusia meninggal.

Agar terhindar dari efek buruk tersebut, Chef Poeloeng selaku chef Hotel Intercontinental, Jakarta Selatan memberi tip memilih daun kemangi yang baik.

Daun kemangi tidak bergelombang

Daun kemangi yang baik pasti akan terlihat segar, bentuk daunnya sangat lebar. Jika dilihat dari bentuk pinggirannya sangat teratur. Daun kemangi yang segar tidak bergelombang.

Dipegang tangan terasa lembut
Untuk mengetahui daun kemangi yang baik ialah jika dipegang oleh tangan akan terasa lembut, tidak kasar, daun pun tidak akan terasa kering.
Tidak boleh lebih dari dua hari

Daun kemangi yang jelek memiliki perubahan warna jadi hitam dan lebih layu. Sementara daun kemangi segar, warnanya hijau cerah. Karenanya, daun kemangi yang akan disantap tidak boleh lebih dari dua hari.
Tidak sobek

Daun kemangi yang baik tidak sobek, namun terkadang hal ini sering disepelekan orang. Jika daun kemangi yang hendak dibeli sobek, maka jangan membelinya. Karena bekas sobekan itu berasal dari ulat yang menyimpan sejumlah bakteri.

6 komentar:

  1. waahh,..seneng banget baca ini...hobby makan kemangi sih ... hehehe...mksh postingnya..

    BalasHapus
  2. Mantap tipsnya...bisa dipraktekkan besok :)

    www.1sthappyfamily.com

    BalasHapus
  3. wahh bener gan ane suka makan daun kemangi klo makan nasi pecel

    BalasHapus
  4. tx infox ya., :), kemangi enak juga pake ikan bakar.., :)

    BalasHapus
  5. thanks for the visit! left some love and following you now!

    a visit from Soulful!

    BalasHapus