Kamis, 29 September 2011

Rasa Kopi Indonesia Terfavorit di Dunia Berkat Gunung Berapinya








EMPAT kopi Indonesia, di antaranya kopi Toraja, kopi Mandailing, kopi Jawa, dan kopi Papua.menjadi favorit masyarakat dunia. Apa kunci cita rasa khasnya?

Ada beberapa faktor juga yang menyebabkan kopi Indonesia punya cita rasa khas dibanding kopi produksi negara lain.

“Kita memiliki banyak pegunungan berapi dan kopi dari sana pasti bagus. Indonesia juga beriklim tropis dan cenderung sejuk di malam hari. Belum lagi tekstur tanah, udara, ketinggian, itu yang bikin kopi kita enak,” kata Pranoto Soenarto, Wakil Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Bidang Spesialis dan Industri Kopi saat ditemui dalam “Bedah Kopi bersama Excelso” di Grand Indonesia, Sudirman, Jakarta, baru-baru ini.

Kopi Indonesia punya banyak ragam dengan cita rasa yang originalitas. Supaya Anda tidak salah memilih kopi yang tidak bermutu, ketahui tip mudah mengetahuinya.

“Biji kopi yang warnanya hijau kepekatan, bentuknya sempurna,” imbuhnya.

Kopi selain nikmat untuk diminum juga punya banyak manfaat pada tubuh manusia, terlebih kalau berbicara soal kesehatan manusia.

“Kopi bisa mengurangi kanker. Kopi juga bagus untuk jantung karena perputaran darah menjadi lebih cepat sehingga penyumbatan dalam pembuluh darah berkurang,” tutupnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar