Kamis, 22 September 2011

Berita Pertanian : Peran Penyuluh Penting Tingkatkan Produktivitas Pangan

Medan. Peran penyuluh pertanian dalam peningkatan produktivitas tanaman pangan sangatlah penting agar ketahanan pangan nasional bisa tetap terjaga. Sebab melalui penyuluhan, pendampingan dan pelatihan yang diberikan para penyuluh pertanian, kalangan petani mendapat tambahan pengetahuan agar produksi tanaman pangan bisa meningkat. Hal tersebut diungkapkan Kabid Bina Tanaman Pangan Dinas Pertanian Sumatera Utara, Bonar Sirait, saat ditemui di kantornya di Jalan AH Nasution, Medan, Rabu (21/9).

"Keberhasilan peningkatan produksi tanaman pangan petani diperoleh melalui tahapan-tahapan peningkatan kompetensi yang meliputi pengetahuan, sikap dan keterampilan petani dari upaya yang dilakukan dari penyuluhan pertanian," kata Bonar.

Menurut dia, penyuluh pertanian memiliki peran untuk mendorong para petani dapat meningkatkan produksi tanaman pangan baik melalui perluasan areal ataupun produktivitas yang diperoleh per satuan luas yang dimilikinya.

"Supaya produksi tanaman pertanian bisa meningkat diperlukan berbagai upaya, diantaranya kemampuan petani dalam mengelola usahataninya yang berhubungan dengan pancausaha, penerapan teknologi baru, pengelolaan yang bersifat agribisnis, pemasaran dan berbagai hal lainnya. Nah disinilah pentingnya pentingnya peran penyuluh pertanian itu," katanya.

Penyuluh pertanian, sebutnya, harus melakukan penyuluhan secara berkesinambungan kepada para petani tanaman pangan agar pengetahuan, sikap dan keterampilan petani bertambah baik dari sebelumnya. "Dari sini, para penyuluh pertanian juga akan mengenalkan semua teknologi dan inovasi baru dalam bidang pertanian,"ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar