Senin, 12 September 2011

Rendang 100% Milik Indonesia!

SELAIN batik dan reog Ponorogo, rendang telah diklaim Malaysia sebagai makanan asal negaranya. Bahkan, Malaysia berani memasarkan rendang hingga ke Belanda, dan Eropa.

Melihat kondisi tersebut, Ikatan Pemuda-Pemudi Minangkabau Indonesia (IPPMI) angkat bicara. Bagi mereka, rendang merupakan asli milik Indonesia 100 persen. Disebutkan, rendang sudah ada di Tanah Air Indonesia sejak lama.

"Rendang itu memang milik kita 100 persen, bahkan rendang itu sudah ada sejak lama sekali, sudah ada sejak nenek moyang kita berasal," kata Muhammad Raffik, Ketua Umum IPPMI, Senin (12/8/2011).

Rendang terkenal pedas karena Padang, Sumatera Barat penghasil lada terbesar di dunia.

"Orang Minang itu ada sedikit culture India, dan memang mirip ke sana. Tapi kalau bicara rendang itu sudah lama sejak nenek moyang kita ada, dan mengapa makanan padang itu pedas karena padang merupakan penghasil lada terbesar," tandasnya.

Rendang berasal dari Padang karena zaman dahulu masyarakat Padang senang merantau.

"Di sejarah minang itu tidak ada sejak kapan rendang itu ada namun yang pasti makanan dari nenek moyang kita itu terutama rendang adalah makanan tahan basi dan bisa berbulan-bulan sebab masyarakat Padang suka melakukan perjalanan jauh makanya dibuat rendang," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar