Rabu, 05 Oktober 2011

Tips Ampuh : Bawang Putih Menghilangkan Bau Amis Ikan






ANDA mungkin bosan dengan penggunaan air jeruk lemon guna menghilangkan bau amis pada ikan. Sebelum mengolahnya ke dalam masakan, Anda bisa juga memanfaatkan bawang putih.

“Enggak cuma pakai jeruk lemon, Anda bisa pakai bawang putih untuk ikan dan itu bisa anda gunakan kalau ingin rasa selain jeruk,” ucap Sisca Soewitomo saat ditemui di Dinas Pertanian dan Perikanan di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2011).

Tak hanya menghilangkan bau pada ikan, tetapi bawang putih juga mengeluarkan rasa serta aroma tajam. Caranya, bisa dengan dihaluskan, tapi jangan hanya dipipihkan agar tiap sisi bawang putih bisa meresap ke dalam ikan.

Kekuatan bawang putih dirasakan olehnya lebih terasa khas ketimbang air jeruk lemon. “Supaya lebih enak, Anda bisa menambahkan sedikit jahe, haluskan saja bersama bawang putih,” bebernya.

Dikatakannya lagi, penggunaan bawang putih bukan seperti jeruk lemon yang langsung dilumuri ke seluruh bagian tubuh ikan. Proses pelumurannya berbeda, Anda diamkan dulu beberapa menit sebelum ikan dibersihkan sehingga bau tajamnya akan lebih melekat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar