Jumat, 17 Februari 2012

Tips Ampuh : Lancarkan Pernapasan saat Hidung Tersumbat













HIDUNG
tersumbat merupakan keadaan yang sangat mengganggu. Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari The Times of India, membiarkan lendir yang tertahan di hidung akan memperburuk keadaan karena bisa menyebabkan infeksi pada paru-paru.

Berikut tips melancarkan pernapasan akibat hidung yang tersumbat:

1. Saat akan tidur, usahakan posisi kepala lebih tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi pembentukan lendir. Setiap gerakan dalam tidur, akan memberikan tekanan pembentukan lendir, maka dari itu usahakan untuk tetap menjaga posisi tidur dengan wajah menghadap langit-langit.

2. Hal lain dapat Anda lakukan dengan bawang merah. Aroma pedas bawang merah ternyata ampuh untuk menyingkirkan hidung yang tersumbat. Anda cukup mengupas lalu memotong bawang menjadi dua, kemudian cium aroma bawang selama lima menit.

3. Konsumsi makanan pedas. Kandungan dari zat yang disebut capsaicin pada rempah pedas seperti cabai dan merica, dalam sekejap akan membersihkan rongga hidung karena lendir yang ikut keluar.

4. Begitupun jika Anda minum kopi atau teh, uap yang dihasilkan dari minuman panas tersebut akan membantu mengencerkan lendir.

5. Pilihan lainnya, tambahkan beberapa tetes mentol ke dalam wadah berisi air panas, kemudian hadapkan wajah ke uap air tersebut dengan bantuan handuk untuk menutupi kepala dan wadah air.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar