Sabtu, 15 Januari 2011

Berita Pertanian : Tidak Mampu, Nggak Usah Beli Cabai!

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu

JAKARTA - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengimbau agar masyarakat yang tidak mampu membeli cabai, lebih baik tidak usah mengkonsumsi komoditas tersebut. Hal ini terkait melonjaknya harga cabai belakangan ini sehingga membuat masyarakat mengeluh.

"Kalau harganya tinggi, dikonsumsi oleh yang bisa (yang mampu), yang punya purchasing power," ungkap Mari saat ditemui usai rapat persiapan KTT APEC, di Gedung Menko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (6/1/2011).

Namun Mari menjelaskan ada segi positif yang dapat diambil dari naiknya harga cabai ini, yaitu keuntungan yang diperoleh petani akibat lonjakan harga tersebut, sesuatu yang jarang diperoleh petani sebelumnya,

"Ada penyesuaian dari segi konsumsi dan menjadi kesempatan jangan lupa petani cabai juga mendapatkan keuntungan dengan harga lebih tinggi," tambahnya.

Selain mengimbau untuk mengurangi konsumsi, Mari pun menambahkan solusi untuk mengkonsumsi cabai akibat harga cabai yang tinggi bisa dengan peralihan sementara dari cabai mentah menjadi cabai olahan atau cabai botol. "Akan ada potensi untuk kita beralih sementara untuk (dari) cabai yang sudah diulek menjadi sudah dibubuk atau botol," katanya

Menurutnya ini bisa ditempuh untuk meningkatkan permintaan komersial yang lebih baik. "Ini untuk meningkatkan permintaan yang lebih komersial," tandasnya.(okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar