Sabtu, 22 Januari 2011

Berita Pertanian : Inilah 3 Bahan Pokok yang Dijual Murah!

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar menginstruksikan kepada BUMN terkait untuk menggelar pasar murah untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok.

Pasar yang akan menjual bahan pokok dengan harga murah ini melibatkan banyak BUMN karena akan digelar secara meluas.

"Akan ada gerakan pasar murah, dimana melibatkan banyak sekali BUMN. Pasar murah ini menjual tiga komoditas utama seperti beras, minyak goreng dan gula dengan harga murah. Dan akan dilaksanakan Mulai akhir Januari bertahap sampai pertengahan Maret," ungkap Mustafa saat ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/1/2010) malam.

Pasar murah ini rencanannya akan di gelar di beberapa tempat di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku, dan Nusa Tenggara Timus (NTT). Dan untuk titik penempatannya sendiri akan berpindah sesuai dengan sentra pemukiman penduduk. Sementara untuk harganya, dirinya menjelaskan akan ada penyesuaian harga.

Badan Urusan Logistik (Bulog), kata Mustafa juga merencanakan untuk memberlakukan harga operasi pasar. Contohnya untuk harga beras yang berlaku saat ini di pulau jawa sekira Rp5.900 akan dijual dengan harga Rp5.700 di pasar murah.

"Sedangkan untuk harga beras di luar Jawa sebesar Rp5.900 akan kita ambil Rp5.700. Seperti itu terus, jadi gula dan minyak goreng akan mengikuti," tandas Mustafa. (okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar