Jumat, 14 Januari 2011

Berita Pertanian : Konsumsi Ikan Indonesia Capai 30 Kg per Kapita per Tahun

Tingkat konsumsi ikan di Indonesia 2010 mencapai 30,47 kilogram per kapita per tahun, meningkat 29% dibanding tingkat konsumsi 2009. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam siaran pers-nya yang diterima di Jakarta, Jumat (14/1) menyebutkan, dukungan konsumsi dalam negeri sangat diperlukan untuk membangun alur pemasaran produk yang kuat sehingga juga membangun kepercayaan diri pelaku usaha sektor perikanan dari hulu sampai ke hilir.
Akibatnya, peningkatan tingkat konsumsi ikan diyakini tidak hanya dapat meningkatkan kesejahteraan makanan, khususnya pelaku usaha. Selain itu, peningkatan konsumsi ikan juga dinilai berarti penting bagi ketahanan pangan dan kemandirian bangsa karena peningkatan konsumsi ikan akan mengurangi ketergantungan terhadap impor protein hewani lainnya.

Sementara produksi ikan dalam negeri diyakini dapat mencukupi baik kebutuhan ekspor maupun domestik. Pada tahun 2011, KKP memperkirakan jumlah ketersediaan stok ikan yang dapat dikonsumsi masyarakat mencapai 7,76 ton. Sedangkan sasaran target produksi ikan pada 2011 adalah sebesar 12,26 juta ton.

Sasaran target tersebut berarti terdapat peningkatan 13% dari produksi 2010 sebesar 10,85 juta ton. Sementara itu, neraca perdagangan ekspor-impor perikanan Indonesia 2010 masih mengalami surplus sebesar US$ 2,3 miliar atau meningkat sekitar 7,06% dibanding tahun 2009. Neraca tersebut, menurut KKP, berbeda dengan kondisi ketersediaan sumber protein hewani lainnya yang masih perlu diimpor untuk memenuhi kebutuhan domestik. (antara news)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar