Selasa, 25 Januari 2011

Berita Pertanian : PDIP Tekankan Pentingnya Pembangunan Desa

JAKARTA. Indonesia membutuhkan model pembangunan baru untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial, sekaligus mewujudkan pemerataan pembangunan. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melihat model pembangunan desa sebagai hal tepat dan basis utama dalam pembangunan bangsa.

Model pembangunan yang pas untuk Indonesia harus bersifat dari bawah ke atas (bottom Up) sehingga keberagaman kekayaan bangsa dapat dikelola secara maksimal untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dengan membuka ruang partisipasi publik seluas-luasnya, tidak sebagai obyek pembangunan, tapi juga subyek utama pelaku pembangunan.

"Kepala desa adalah sebagai ujung tombak pembangunan nasional. PDIP melihat pentingnya pemahaman bahwa pembangunan desa itu penting. Kalau semua permasalahan diselesaikan secara serius di desa-desa, niscaya tidak akan ada masalah di tingkat nasional," tegas Ketua DPP PDIP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Komarudin Watubun, saat memberikan sambutan dalam pelantikan Departemen Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah PDIP, Selasa (25/1).

Agar model pembangunan berbasis desa tersebut dapat berjalan secara optimal, PDIP akan memperjuangkan undang-undang tentang pemerintahan desa sebagai payung hukum untuk memperkuat posisi desa dalam sistem penyelenggaraan negara. (media indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar