Senin, 26 Maret 2012

Berita Pertanian : Hama Sundep Mengganas di Klaten















KLATEN.
Hama penggerek batang (sundep) mengganas di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Hama ini menyebabkan ratusan hektare tanaman padi terancam gagal panen. Hingga periode pengamatan tengah bulanan (TB) I Maret, luas keadaan serangan organisme pengganggu tumbuhan itu telah mencapai 212 hektare.

"Serangan ganas penggerek batang menyebar di 18 dari 26 kecamatan di Klaten. Hama itu menyerang tanaman berumur antara 15 dan 40 hari. Namun, upaya pengendalian telah dilakukan hingga menjangkau areal seluas 474 hektare," kata Koordinator Pengamat Hama dan Penyakit Dinas Pertanian Klaten Sunarno.

Ditemui Media Indonesia di ruang kerjanya, Senin (26/3), ia menjelaskan keadaan kerusakan tanaman saat ini yang paling parah di Kecamatan Delanggu, dengan luas serangan sekitar 48 hektare. Setelah itu di Kecamatan Karangdowo, 47 hektare, dan Kecamatan Kebonarum, 21 hektare.

Untuk pencegahan serangan penggerekan batang yang dikenal sundep itu telah dilakukan gerakan penyemprotan massal, termasuk di areal tanaman yang berpotensi diserang. Lahan tanaman yang terancam organisme pengganggu tanaman itu seluas 163 hektare di Kecamatan Karangdowo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar