Senin, 05 Desember 2011

Berita Pertanian : 500 Ha Lahan Sawah di Matangkuli Diserang Keong Emas


ACEH UTAR
A. Sekitar 500 hektare (ha) lahan sawah di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, diserang hama keong emas. Hama berbatok keras itu memangsa bibit padi yang baru tumbuh dan batang padi muda berusia satu hari hingga dua pekan.

Kawasan paling parah serangan di Permukiman Pirah, antara lain adalah Desa Lawang, Desa Tanjong Hajimuda, Desa Siren, Desa Cibrek, Desa Beuringen, Desa Teungoh, dan Desa Rayek Pirak.

Akibat serangan itu, bibit padi ditempat persemaian rusak parah. Bahkan, ada sebagian bibit padi yang habis dimangsa keong berwarna gelap itu sehingga petani harus berulang kali menyemai benih padi mereka.

Kepala Desa Lawang, Teuku Bustamam, Selasa (6/12), mengatakan petani telah berusaha mengatasi dengan berbagai cara, misalnya mengutip dengan tangan dan menabur batang paya utuk mengalih serangan, tetapi hingga sekarang belum efektif.

Dikatakan Bustamam, serangan hama keong emas paling parah menyerang pada musim tanam kali ini dibandingkan tiga tahun terakhir. Populasinya sangat cepat dan mengalir sepanjang saluran irigasi keberbagai penjuru.

Pihaknya mengharapkan perhatian pemerintah untuk mencari solusi. Karena, itu merupakan persoalan serius yang dihadapi petani setempat sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar