Sabtu, 05 November 2011

Kuliner Nusantara Berpotensi Mendunia










POTENSI kuliner Indonesia cukup besar. Selain menjadi identitas budaya, juga diyakini mampu mendorong perekonomian nasional.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menjelaskan, kekayaan beraneka produk pangan menjadikan Indonesia kaya akan potensi kuliner. "Potensi produk pangan Indonesia sangat besar karena memiliki cita rasa hampir serupa dengan negara di kawasan ASEAN lainnya dengan keunikan dan lebih beragam," katanya saat membuka Pameran Pangan Nusa 2011 di Nusa Dua, Bali, baru-baru ini.

Menurutnya, ada potensi ekonomi luar biasa dalam kuliner Nusantara. Krisnamurthi pernah membuktikannya dengan membuat semacam kuis di social media tentang makanan khas yang dikenal di restoran Indonesia.

Banyak jawaban masuk, mulai rendang, nasi goreng, gudeg, hingga gado-gado. Bahkan, dia pernah menghitung potensi ekonomi yang cukup besar dalam bisnis warung tegal (warteg).

"Uang yang berputar di Warteg di Jakarta, satu bulan nilainya mencapai Rp450 miliar," sebutnya.

Karena itu, jika makanan khas bisa diangkat sebagai identitas sebuah daerah, maka ke depan akan berdampak positif bagi perekonomian lokal. Peran Usaha Kecil Mikro (UKM) juga penting dalam mengenalkan atau mempromosikan potensi kuliner Indonesia, tidak hanya ditingkat regional, nasional, juga global.

Dalam pameran yang mengusung tema "Suguhkan Kuliner Nusantara di Kancah Regional" tersebut, dia menegaskan, kuliner bermakna sebagai bentuk identitas dan memperkuat ekonomi masyarakat. Mempromosikan Indonesia bisa lewat makanan, dan pada akhirnya, makanan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat lokal. Rendang dan nasi goreng adalah bukti nyatanya.

Ia juga mengajak keluarga di Indonesia agar memperkenalkan menu-menu dalam negeri kepada anak-anak sejak dini. Jangan sampai masyarakat atau orangtua justru mengajak keluarganya ke rumah makan atau restoran siap saji merek asing.

Kegiatan pameran pangan yang digelar hingga Sabtu, 5 November 2011 menampilkan sebanyak 132 anjungan dengan menghadirkan berbagai produk pangan khas Nusantara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar