Selasa, 08 November 2011

Berita Pertanian : BPTP Sumut Kembangkan Pertanian dengan M-P3M

Medan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara (Sumut) akan melaksanakan Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (M-P3MI).
“M-P3MI mendukung program Kementerian Pertanian menuju terwujudnya pertanian unggulan berkelanjutan yang berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, daya saing ekspor dan kesejahteraan petani,” kata Siti Suryani, Staf Penyuluhan BPTP Sumut, Senin (7/11).

Dikatakannya, program ini akan memperbaiki teknologi produksi, pasca panen, pengolahan hasil dan pemberdayaan masyarakat tani. Dalam hal ini akan tarjadi proses pembelajaran dan diseminasi teknologi.

Dalam koordinasi ini telah disepakati lokasi M-P3MI untuk kabupaten Mandailing Natal, yakni di Desa Tombang Bustak Kecamatan Kota Nopan. “Penetapan lokasi ini dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Topik Jonhar, Kabid Julie, dan Kasubdis Produksi Madhan, beserta staf UPTD, Koordinator PPL, PHP, PPL, Gapoktan/Poktan kepala desa dan staf peneliti/penyuluh BPTP Sumut Jonharnas, Darmawati Nazir dan Sarman Tobing,” sebutnya.

Siti juga mengatakan, pada tahun pertama ini akan dilaksanakan pelatihan petani, koorperator dan non kooperator, denfarm perbanyakan benih padi sawah seluas 4 hektare, serta demplot uji adaptasi beberapa varietas unggul baru 0,5 hektare.

Ditambahkannya, dalam program peningkatan produksi tanaman padi masalah yang utama adalah ketersediaan benih unggul di daerah ini. Sehingga dalam M-P3MI isu yang diangkat selain pembenahan kelompok tani adalah membuat denfarm tanaman padi untuk dijadikan benih bersertifikat. Perbanyakan benih ini diharapkan dapat mensuplai benih di Kabupaten Madina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar