Rabu, 09 November 2011

Berita Pertanian : RJPP Pertanian Diharapkan Terealisasi 2013

Jakarta. Pemerintah mengharapkan Rencana Jangka Panjang Pembangunan Pertanian 2013-2045 dapat terealisasi pada 2013.
Menteri Pertanian (Mentan) Suswono di Jakarta, Selasa (8/11), mengatakan, pada 2010 pihaknya membentuk tim Penyusun Pembangunan Pertanian Jangka Panjang dengan Bomer Pasaribu sebagai pemimpin tim.

Konsep RJPPP tersebut, tambahnya, memberikan satu arah pembangunan pertanian yang komprehensif, juga arah bagi sektor-sektor lain yang terkait dengan pembangunan pertanian, sehingga problem pertanian dapat terjawab.

Selain itu, lanjutnya, juga untuk mendapat gambaran dan tantangan pertanian ke depan hingga 2045. "Saya targetkan dua tahun (perencanaan). Diharapkan 2013 sudah menggunakan RJPPP yang sudah dirumuskan oleh tim ini," katanya usai pertemuan dengan Tim Pengarah RJPPP 2013-2045.

Anggota tim pengarah tersebut selain Mentan Suswono juga para mantan Menteri Pertanian Syarifudin Baharsyah, Yustika Baharsyah, Soleh Solahudin, Bungaran Saragih, Prakosa, dan Anton Apriyantono. Dengan RJPP Pertanian tersebut, menurut Suswono, diharapkan memperjelas arahan pembangunan pertanian. "Menteri-menteri pertanian yang akan datang diharapkan juga mengacu pada RJPPP ini karena produk ini benar-benar disusun oleh berbagai kalangan yang benar-benar ingin membangun pertanian secara utuh tanpa ada unsur ataupun motif politis di dalamnya," katanya.

Menyinggung isi RJPP Pertanian tersebut, Menteri menyatakan, salah satu yang diangkat yakni problem lahan pertanian karena selama ini dinilai menjadi "bottleneck" pembangunan pertanian.

Secara garis besar, tambahnya, kerangka yang ada sudah cukup bagus tinggal melengkapi isinya yang sudah ada saat ini. Mengenai produk akhir RJPPP, dia menyatakan, tim mengusulkan nantinya dalam bentuk Perpres, namun demikian hal itu masih akan dibahas dengan Sekretariat Negara. (ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar