Jumat, 13 Januari 2012

Berita Pertanian : Kementan Siapkan Benih Padi Tahan Air







JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini tengah menyiapkan program benih padi yang tahan genangan air untuk mengantisipasi curah hujan yang sangat tinggi.
Hal ini disampaikan Menteri Pertanian Suswono yang ditemui dalam acara diskusi Ketahanan Agribisnis dan Pertanian, di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Selasa (10-1). "Kami mempersiapkan benih berjenis Inpara 13 yang dapat menjadi opsi untuk petani karena saat ini curah hujan sangat tinggi di areal pertanian," ujar Suswono.Menurutnya, benih Inpara 13 ini juga cocok ditanam di daerah rawa yang banyak genangan airnya sehingga dapat meningkatkan produktivitas sebesar lima sampai enam ton per hektare (ha).
"Setidaknya areal luas pertanian pada masa tanam Oktober 2011 hingga Maret 2012 akan menghasilkan padi sebanyak 3,5 juta ton karena itu akan kita kawal,” tegas Suswono.

Selain itu, lanjut dia pihaknya telah menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan rehabilitasi irigasi teknis. "Total lahan irigasi teknis mencapai 7,2 juta ha, namun 3,2 juta ha di antaranya saat ini mengalami kerusakan," kata dia

Lebih lanjut, dirinya menargetkan dalam beberapa tahun ke depan akan memperbaiki jaringan irigasi teknis sebanyak satu juta ha tetapi saat ini pemerintah daerah cenderung membiarkan jaringan tersebut menjadi terlantar dan rusak.

"Namun kami mengingatkan ada pembagian tanggung jawab antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk memelihara lahan irigasi tersebut," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar