Rabu, 18 Januari 2012

Berita Pertanian : Gagal Panen Akibat Banjir, Petani Bakal Dapat Ganti Rugi





JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian akan memberikan ganti rugi kepada petani yang gagal panen akibat banjir di Provinsi Banten.


Hal tersebut dikatakan Menteri Pertanian, Suswono, sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta, Rabu (18/1/2012).

"Tentu saja kalau itu gagal panen kita ada komitmen pemerintah dengan mengganti. Pupuk dengan Rp1,1 juta dan biaya pengolahan lahan Rp2,6 juta. Itu tetap akan kita lakukan," ujar Suswono.

Selain itu, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) guna memetakan wilayah yang rentan akan bencana banjir di seluruh daerah di Indonesia.

"Di Banten saat ini ada 14 ribuan hektar yang terkena (banjir) dan umur padinya beragam dari 1 hari sampai yang mau panen," tuturnya.

Suswono mengatakan, untuk menghadapi hal tersebut pihaknya akan menggunakan cadangan benih nasional sampai akhir Januari. Diharapkan Februari mendatang sudah ada benih pengganti. Sehingga, meski banjir kini berbagai daerah di banten, peningkatan produksi beras di 2012 bisa tercapai.

"Kalau iklim normal sebagaimana yang disampaikan BMKG mudah-mudahan ada peningkatan produksi dari 2011," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar