Selasa, 05 Juni 2012

Petani Kopi Diimbau Tak Khawatir Kondisi Cuaca

Denpasar. Dinas Perkebunan Bali mengimbau para petani kopi di Pulau Dewata supaya tidak khawatir dengan kondisi cuaca buruk menjelang musim panen.
"Kami harapkan para petani kopi tidak khawatir dengan kondisi cuaca yang tidak menentu karena tak berpengaruh terhadap produksi," kata Kepala Dinas Perkebunan Bali Dewa Made Buana Duwuran di Denpasar, Minggu (3/6).

Dia mengatakan, selain itu tidak akan mempengaruhi kualitas dari salah satu tanaman komiditas ekspor andalan Pulau Dewata itu. Menurut Duwuran, kondisi cuaca yang buruk dan tidak menentu tersebut hanya akan memperlambat masa panen. Dari biasanya tiga bulan menjadi mundur.

"Biasanya masa panen selama tiga bulan, namun jika cuaca tak menentu kemungkinan akan mundur menjadi empat bulan," ujarnya.

Duwuran menjelaskan, karena tidak membuat kualitas kopi menurun maka harganya pun akan tetap baik. "Biasanya musim panen kopi, paling cocok saat cuaca panas. Tapi kalau ada hujan, panen itu akan lambat, namun tidak mempengaruhi produksi ataupun harga," ucapnya menandaskan.

Duwuran menuturkan, mengenai pemasaran hasil panen jika terjadi mundurnya musim panen, para petani tidak perlu khawatir karena sudah ada sejumlah eksportir dari Surabaya.(ant)

1 komentar:

  1. Bapk/Ibu

    Di sebuah website crowdfunding Indonesia bernama wujudkan.com sedanga da penggalangan dana untuk Film Dokumenter tentang pengembangan dan perbaikan mutu kualitas kopi Indonesia, khususnya di daerah Benteng Alla Utara, Enrekang.

    Sekiranya, ingin melihat dan mendukung film yang bercerita tentang perjuangan sebuah desa yang di pimpin oleh Ir. Patola (Kepala Desa) untuk memperbaiki kualitas kopi di daerahnya agar dikenal oleh dunia. Bagaimana para petani kopi dan koperasi tani di daerah ini bahu membahu dan gotong royong, belajar mencari tahu, dan berjuang siang dan malam agar kopi mereka bisa mencapai grade A dan menjadi sejajar dengan kopi berkualitas lainnya dibelahan dunia ini.

    Bapak/Ibu bisa melihat dan mendukung film ini di http://wujudkan.com/projects/detail/62/story-of-coffee-in-your-hands

    Itu saja informasi yang bisa saya berikan, semoga menarik untuk Bapak/Ibu dan film ini bisa menjadi SEMANGAT dan PEMBELAJARAN untuk petani kopi dan koperasi tani kopi dibelahan Indonesia yang lain, karena film ini nantinya akan disebar GRATIS keseluruh daerah penghasil kopi Indonesia.

    BalasHapus