Senin, 11 Juni 2012

Berita Pertanian : Indonesia Berpeluang Jadi Produsen Pertanian Organik Dunia

BOGOR. Indonesia berpeluang menjadi produsen penting produk pertanian organik di dunia, namun perlu mengubah arah pertanian.

"Strategi pemerintah untuk mengarahkan pertanian ke pertanian organik telah dilakukan banyak negara, termasuk di Asia seperti di China, Thailand, dan Korea Selatan, yang telah menunjukkan keberhasilan," kata Ketua Pelaksana Bogor Organic Fair (BOF) II Sri Nuryati di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/6).

BOF II diselenggarakan Aliansi Organis Indonesia (AOI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor, Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) digelar selama dua hari yakni Sabtu hingga Minggu (10/6).

Sri Nuryati yang juga pegiat di AOI menjelaskan bahwa simulasi yang dilakukan pihaknya untuk beberapa produk pertanian perkebunan menunjukkan bahwa kenaikan investasi untuk beralih organik hanyalah sekitar 10 persen.

"Setelah tiga tahun kenaikan keuntungan mencapai sekitar 50 persen," katanya. Keragaman hayati Indonesia menjadikan Indonesia surga bagi pertanian organik maupun herbal.

Hanya, kata dia, prospek baik tersebut belum dapat dinikmati para petani organik maupun para peramu herbal yang sebagian besar merupakan usaha-usaha berbasis komunitas. (ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar