Kamis, 28 Juni 2012

Berita Umum : Spanyol dan Italia melaju ke partai final Euro 2012.

Drama Adu Penalti Antarkan Spanyol ke Final

Keberuntungan memihak Spanyol. Lewat drama adu penalti, Tim Matador akhirnya berhasil melaju ke partai final Euro 2012. Xavi Hernandez dkk menang dengan skor 4-2 (0-0).

Dalam pertandingan yang Donbass Arena, Kamis (28/6/2012) dini hari WIB, pelatih Portugal Paulo Bento mempercayakan Hugo Almeida sebagai juru gedor didampingi oleh Cristiano Ronaldo dan Luis Nani.

Sedangkan Spanyol, entrenador Vicente Del Bosque secara mengejutkan untuk pertama kalinya memainkan Alvaro Negredo di Euro 2012. Negredo mendapatkan bantuan dari Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan David Silva.

Babak Pertama
Jual beli serangan terjadi sejak wasit Cuneyt Cakir asal Turki meniup tanda dimulainya pertandingan. Menit sembilan, Spanyol mendapatkan sebuah kesempatan lewatn Sergio Busquets. Sayang, tendangan gelandang Barcelona itu masih melambung dari gawang Rui Patricio.

Pada menit 24, giliran Portugal yang mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Bintang Real Madrid itu melepaskan sebuah tendangan voli yang sangat keras, tapi masih melambung dari gawang Iker Casillas.

Kerja sama tiki-taka yang menjadi andalan Spanyol, terlihat begitu padu di babak pertama. Berawal dari umpan Negredo kepada Xavi, yang meneruskan umpan ke Iniesta. Sayang, tendangan Iniesta masih melambung dari gawang Portugal.

Seleccao das Quinas (julukan Portugal) tidak mau kalah. Pada menit 31, kerja sama manis Moutinho dan Perreira juga membuka ruang untuk melakukan sepakan dari luar kotak penalti, yang masih menyamping dari gawang Casillas.

Penguasaan bola memang kembali dikuasai Spanyol sepanjang babak pertama. Tapi, Portugal tidak mau kalah dan berani melakukan serangan. Sayang, skor tanpa gol bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua
Pada interval kedua, Del Bosque seperti kecewa dengan kontribusi Negredo. Dia memutuskan untuk menggantikannya dengan Cesc Fabregas, yang kembali diandalkan untuk menjadi penyerang.

Serangan balik cepat yang diperagakan Portugal kembali mendapatkan sebuah kesempatan. Pada menit 58, lewat sebuah serangan balik cepat Almeida mendapatkan bola dan langsung melakukan tendangan, yang masih tidak tepat sasaran.

Spanyol mendapatkan tendangan ke arah gawang pertama kali di pertandingan ini, setelah Xavi berusaha untuk melepaskan sebuah tendangan pada menit 68. Sayang, tendangannya masih tepat dipelukan Patricio.

Enam menit kemudian, giliran Ronaldo mempunyai peluang untuk membobol gawang Spanyol lewat tendangan bebas. Namun, sepakan pemain termahal dunia ini masih melambung dari gawang Casillas.

Portugal kembali membuang kesempatan. Lewat sebuah serangan balik, Ronaldo kembali mendapatkan sebuah peluang untuk mencetak gol. Lagi-lagi, tendangan mantan pemain Manchester United itu masih melambung dari gawang Casillas. Skor tanpa gol bertahan hingga habis dan dilanjutkan hingga babak ekstra time.

Ekstra Time
Pada pertandingan ekstra time pertama, terlihat Spanyol mulai mendominasi pertandingan. Pada menit 104, Tim Matador kembali mendapatkan kesempatan. Sayang, tendangan first time Iniesta masih dapat dihentikan Patricio.

Menjelang ekstra time pertama berakhir, Spanyol kembali mendapatkan sebuah kesempatan emas lewat tendangan bebas Sergio Ramos. Namun, tendangannya masih melambung dari gawang Portugal. Pertandingan berlanjut ke ekstra time kedua.

Spanyol kembali mengendalikan permainan. Namun, Portugal berusaha untuk menambah kekuatan lini tengah dengan memainkan Custodio dan Varrella untuk menambah data dobrak. Namun, Tim Matador kembali mendapatkan peluang untuk menghasilkan gol.

Pada menit 115, pemain pengganti Jesus Navas berusaha untuk melepaskan tendangan mendatar keras. Tapi, Patricio dan kembali masih bisa mengamankan gawangnya. Skor tanpa gol bertahan dan berlanjut ke tendangan penalti.

Eksekusi penalti
Spanyol: Alonso (Gagal), Iniesta (masuk) Pique (masuk) Ramos (masuk) Fabregas (masuk)
Portugal: Moutinho (Gagal) Pepe (masuk) Nani (masuk) Alves (gagal)

Dwigol Balotelli Hentikan Rekor Jerman

Italia akhirnya memastikan diri ke final Euro 2012 usai menumbangkan Jerman di babak semifinal dengan skor 2-1, Jumat (29/6/2012). Dua gol Italia diciptakan striker Mario Balotelli, sementara Jerman lewat Mesut Ozil.

Kekalahan ini sekaligus duka ganda bagi Jerman. Prestasi tidak terkalahkan Der Panzer dalam 15 pertandingan secara beruntun akhirnya terhenti.

Bermain di Stadion Narodowy, pasukan Gli Azzurri tidak terlalu mendapatkan perlawanan yang cukup ketat dari Der Panzer. Padahal, pelatih Jerman Joachim Low menurunkan Mario Gomez dan Lukas Podolksi sejak awal.

Sayang, penampilan apik dari Balotelli pada babak pertama langsung membuat Gli Azzurri unggul 2-0. Sedangkan, Der Panzer mampu mencetak gol hiburan pada masa injury time lewat sepakan penalti dari Ozil.

Dengan kemenangan ini Italia berhak menuju babak final Euro 2012. Di babak final nanti Italia akan menantang Spanyol yang terlebih dahulu melaju ke final usai mengalahkan Portugal lewat drama adu penalti.

Babak Pertama:

Kedua tim langsung terlibat jual beli serangan sejak kickoff babak pertama. Italia membuka peluang pertamanya pada menit ketiga lewat Mario Balotteli, sayang bola masih mampu ditahan kiper Manuel Neuer.

Sedangkan, Der Panzer mengawali peluangnya lewat tandukan Mats Hummels pada menit ke-6. Tetapi, Andrea Pirlo masih mampu mengatasinya dan bola langsung diamankan oleh Buffon.

Enam menit kemudian giliran Bastian Schweinsteiger yang berusaha mencetak gol pembuka bagi Jerman. Namun, barisan belakang Gli Azzuri dengan sigap mematahkan peluang pemain Bayern Munich tersebut.

Terlalu asik menyerang Jerman malah harus kebobolan terlebih dahulu lewat serangan balik pemain Italia. Antonio Cassano berhasil menerobos lewat sektor kiri dan lolos dari tiga bek Jerman.

Cassano pun langsung melepaskan umpan lambung ke arah depan gawang Jerman. Mario Balotelli yang berada di mulut gawang dengan mudah menandukan bola ke gawang Manuel Neuer pada menit ke-20. Sementara, Italia unggul 1-0 atas Jerman.

Menit ke-35 Samir Khedira hampir membalas gol Italia. Tetapi, sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih mampu ditepis Buffon. Lagi-lagi Balotelli mengejutkan gawang Jerman pada menit ke-36.

Yah, pemain Manchester City berhasil menjebol gawang Jerman usai mendapatkan umpan jauh dari Montolivo. Balotelli yang lepas dari jebakan offside langsung melakukan sepakan dengan kencang ke gawang Jerman.

Italia pun unggul 2-0 dari pasukan Der Panzer. Sayang, Balotelli harus mendapatkan kartu kuning usai mencetak gol, karena melakukan selebrasi dengan membuka baju. Hingga akhir babak pertama kedudukan tetap bertahan 2-0 untuk Italia.

Babak Kedua:
Balotelli kembali membuka peluang di babak kedua ini pada menit ke-56. Namun, sepakannya dari dalam kotak penalti masih melebar.

Marco Reus yang menggantikan Podolksi hampir saja menjebol gawang Italia lewat tendangan bebasnya. Namun, lagi-lagi Buffon masih tangguh di bawah mistar gawang Italia dengan menepis sepakan Reus pada menit ke-61 tersebut.

Gli Azzurri kembali menyulitkan barisan pertahanan Der Panzer, kini giliran Claudio Marchisio pada menit ke-67. Tetapi, sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih melebar ke sisi gawang Neuer.

Menit ke-75 lag-lagi Marchisio mencetak peluang bagi Gli Azzuri. Sayang, usahanya tersebut masih gagal dikonversi menjadi gol. Sedangkan, Jerman menciptakan peluang lewat sundulan Hummels hasil tendangan sudut dari Kroos, tapi tandukkannya masih melambung di atas gawang Buffon.

Antonio Di Natale yang menggantikan Balotelli hampir mencetak gol ketiga bagi Italia. Tetapi, peluang yang tercipta pada menit ke-82 itu sepakannya masih jauh dari gawang Der Panzer.

Petaka bagi Italia datang pada menit ke-91 usai Federico Balzaretti melakukan hands ball, alhasil wasit langsung menujuk titik putih. Mesut Ozil yang mengeksekusi penalti tak menyiakan kesempatan tersebut dan membuat skor menjadi 1-2 hingga babak kedua usai.(okezone)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar