Sabtu, 16 Februari 2013

Genetika Berpotensi Memakmurkan Bangsa

Bogor. Guru Besar Fakultas Institut Pertanian Bogor Prof Hadi S Alikodra mengemukakan bahwa potensi nilai-nilai genetika di Indonesia berpeluang besar bagi upaya mencapai kemakmuran bangsa.
"Karena itu, salah satu potensi penting yang perlu segera mendapatkan perhatian adalah potensi genetika," katanya melalui Kantor Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/2).

Dalam acara diskusi bulanan bertema "Keanekaragaman Hayati Bagi Ketahanan Nasional Bangsa Indonesia" dalam rangka Ulang Tahun Emas 50 tahun Fakultas Kehutanan IPB, ia menjelaskan dalam amanatnya ia sampai pada kesimpulan bahwa bangsa ini mempunyai potensi kuat menjadi bangsa besar dan kokoh.

"Tentunya, jika konsekuen mampu menjadikan kekuatan utama keanekaragaman hayati bagi pembangunan nasional," kata Guru Besar Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fahutan IPB itu.

Pada diskusi yang dimoderatori Haryanto R Putro, dan menghadirkan pembahas Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Prof Dedy Darnaedi dan Asisten Deputi Urusan Keanekargaman Hayati dan Pengendalian Kerusakan Lahan Deputi III Kementerian Lingkungan Hidup Atung Dedi Radiansyah, ia mengemukakan dalam rangka mengamankan keanekaragam hayati yang dimilikinya, pemerintah sudah menerbitkan berbagai undang-undang tentang keanekaragaman hayati.

"Undang-undang tersebut berperan penting bagi implementasi kebijakan konservasi keanekaragaman hayati nasional, dan bagi peran pemerintah Indonesia dalam forum internasional," katanya.

Untuk itu, menurut Hadi, keanekaragaman hayati Indonesia merupakan aset nasional yang perlu dimanfaatkan dan dilindungi."Keanekaragaman hayati wajib terus dijaga keberadaannya, termasuk dengan semakin maraknya upaya pihak asing untuk mengambil manfaatnya secara ilegal bagi kesehatan atau pun ilmu pengetahuan," katanya. (ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar