Kamis, 07 Februari 2013

ips Ampuh : Anak Sulit Makan Sayuran? Coba Tambahkan Gula

KEBIASAAN sehat perlu ditanamkan sejak dini. Ini penting mengingat adanya rutinitas yang dilakukan setiap hari yang akan menjadi kebiasaan hingga dewasa. Salah satu kebiasaan yang perlu diberikan pada anak-anak adalah pola makan sehat.

Memang sulit bagi para orangtua untuk mengajarkan pola makan sehat pada anak-anaknya. Terutama mengonsumsi buah atau sayur. “Kebanyakan anak enggan makan sayur karena mereka tidak menyukai rasanya. Khususnya sayuran berdaun hijau. Sangat sulit membujuk anak agar mau mengonsumsi sayuran ini,” ungkap Fendy Susanto, S.TP dari Nutrifood Research Center, dalam diskusi media bertema Healthy Habit Since Young di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Masa kanak-kanan tentu sangat memerlukan asupan nutrisi yang baik terutama vitamin dan mineral yang membantu pertumbuhan anak Anda. “Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat anak Anda menyukai sayuran, terutama sayuran berdaun hijau. Salah satunya dengan menambahkan sedikit gula pada sayuran yang Anda masak,” ujar Fendy.

Fendy menjelaskan bahwa gula terbukti ampuh sebagai alternatif bagi anak untuk mau mengonsumsi sayuran. “Dari penelitian di Belanda, anak memang gemar dengan sesuatu yang manis. Misalnya, buah-buahan. Untuk membujuk anak agar mau makan sayuran, gula bisa ditambahkan agar rasa sayuran lebih lezat,” tutur Fendy.

Setelah dua hingga tiga pekan ditanamkan kebiasaan mengonsumsi sayuran dengan gula, Anda bisa mulai mengurangi asupan gula pada makanan tersebut. Lama kelamaan anak akan terbiasa dengan sayuran yang diberikan dan akan makan tanpa menggunakan gula lagi.

“Satu hal yang perlu diingat adalah penggunaan gula yang disesuaikan. Jangan terlalu banyak menambahkan gula pada makanan, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, “ tegas Fendy.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar