Manado - Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor ikan segar ke Amerika dan Belanda sebanyak 21,16 ton, pekan ketiga April 2013.

"Ekspor ikan segar ke dua negara tersebut, mendatangkan devisa sebesar 304.496 dolar Amerika ke daerah ini," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Sanny Parengkuan di Manado, Selasa.

Dia menyebutkan, kedua negara tersebut menjadi tujuan utama ekspor Sulut, karena banyak mengajukan permintaan ikan ke daerah ini.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Hanny Wajong, merinci untuk Belanda ikan yang diekspor sebanyak 2,70 ton dengan nilai devisa sebesar 43.537 dolar AS.

"Sedangkan Amerika ikan segar volume ikan yang diekspor sebanyak 18,46 ton, dengan devisa sebesar 260.959 dolar AS," kata Hanny.

Menurut dia, permintaan ikan dari Amerika dan Belanda lumayan tinggi, yang ditandai dengan terus meningkatkan ekspor ikan dari daerah ini keluar, setiap bulan.

Ia mengatakan, hal tersebut harus menjadi perhatian para pengusaha ikan serta nelayan, jika mau meningkatkan pendapatannya harus bisa memaksimalkan hasil tangkapan, walaupun itu bukan hal yang mudah, karena nelayan masih sering terkendala cuaca.

"Dengan tingginya permintaan ekspor, maka nelayan di daerah ini, harus bisa berpacu meningkatkan hasil tangkapannya, supaya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka nantinya," kata Hanny. (ant