Senin, 02 April 2012

Berita Pertanian : Bangka Selatan Bangun Pabrik Kemasan Beras

TOBOALI. Dinas Pertanian dan Pertenakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, akan membangun pabrik kemasan beras untuk meningkatkan nilai jual beras lokal.

"Pada pertengahan tahun ini pabrik kemasan beras lokal akan dibangun di Kecamatan Toboali," ujar Kabid Tanaman Pangan Distanak Bangka Selatan Herman di Toboali, Senin (2/4).

Ia menjelaskan, pembangunan pabrik kemasan beras atas kerja sama Pemkab Bangka Selatan dengan badan usaha milik daerah (BUMD) dan Perhutani yang diharapkan segera dapat diwujudkan.

"Kualitas beras lokal sudah cukup baik namun belum mampu bersaing dengan beras premium dari luar yang memiliki kemasan lebih menarik untuk memancing minat konsumen," ujarnya.

Ia mengatakan, penjualan beras lokal masih berbentuk karungan, sehingga nilai jual beras lokal masih di bawah harga pasaran berkisar Rp8.000 hingga Rp8.500 per kilogram. Harga beras luar jenis premium mencapai Rp9.500 hingga Rp10 ribu per kilogram.

"Harga beras yang masih di bawah harga pasar ini belum mampu menutupi biaya pengelolaan dan produksi petani yang cukup tinggi, sehingga akan mengurangi minat petani untuk mengembangkan pertanian padi," ujarnya.(ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar