Sabtu, 15 Januari 2011

Berita Pertanian : Harga Beras Naik, Program Raskin 2011 Meluncur

MAKASSAR - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono meluncurkan Program Beras Miskin (Raskin) Tahun 2011.

Peluncuran itu dirangkaikan dengan Sosialisasi Program Raskin 2011 di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar Selasa, (11/1/2011).

Didampingi Dirut Bulog Sutarto Ali Musa dan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang, Agung menyerahkan secara simbolis raskin 2011 kepada perwakilan Rumah Tangga Sasaran (RTS). Dalam sambutannya, Agung mengatakan bila peluncuran program ini menandai dimulainya penyaluran raskin di seluruh Indonesia.

"Saya menyambut baik program ini, soalnya harga beras di pasaran cenderung naik setiap akhir hingga awal tahun. Penyaluran raskin di awal tahun akan mengurangi beban pengeluaran rumahtangga miskin. Itu juga bisa menahan laju kenaikan harga beras," tuturnya.

Agung mengungkapkan, PAGU raskin 2011 sebanyak 3.147.841.260 kg. Jumlah sebanyak itu ditujukan pada 17.488.007 RTS se-Indonesia pada 33 provinsi. Menurutnya, realisasi raskin secara nasinal pada tahun 2010 lalu mencapai 98,52 persen.

"Penetapan PAGU Raskin 2011 ditentukan Awal Desember 2010 lalu. Saya harap Januari 2011 ini dapat disalurkan serentak di seluruh Indonesia," ujarnya.

Dia menambahkan, program raskin dapat membantu perwujudan ketahananpangan di tingkat nasional, tak hanya tingkat rumah tangga saja. Dia berharap program pengadaan raskin dapat memacu produksi beras dalam negeri.

"Kalau produksi beras dalam negeri tinggi, serapan beras juga lebih baik. Akibatnya swasembada beras dapat dipertahankan. Tapi, Saya minta Perum Bulog menjamin kualitas beras yang akan disalirkan ke pemerima manfaat. Periksa dulu baru dibagikan," tegasnya.

Data yang dilansir Perum Bulog menyebutkan, Provinsi Jawa Timur adalah penerima PAGU Raskin 2011 yang terbesar. Propinsi beribukota Surabaya ini memperoleh sebanyak 554.367.960 kg raskin pada 2011 yang akan disalurkan pada 3.079.822 RTS.

Sedangkan penerima raskin dengan jumlah terendah adalah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang PAGU raskinnya sebanyak 5.113.440 kg. Beras itu akan disalurkan kepada 28.408 RTS. Harga beras pada program Raskin 2011 sebesar Rp1.600/kg. Setiap RTS memiliki jatah sebanyak 15 kg/ RTS yang dapat dibeli tanoa biaya tambahan lagi.

"Rakyat jangan dibebani dengan biaya distribusi dari Bulog ke lokasinya. Tugas pemda untuk membayarkan biaya itu melalu anggaran APBD masing-masing," pungkasnya. (Okezone.com)

Berita Pertanian : Harga Beras di Padang Melonjak Naik, Warga Gelisah

PADANG - Naiknya harga cabai beberapa waktu lalu, membuat harga beras ikut melambung tinggi. Harga beras yang sebelumnya Rp15 ribu per gantang (1,5 Kg), naik menjadi Rp22 ribu per gantang hari ini.

Menurut Indra Yanellow (32), pedagang beras di Pasar Raya atau central pasar tradisional di Sumatera Barat, harga Rp22 ribu per gantang itu harga yang paling tinggi atau beras nomor 1 di Pasaran.

"Beras termahal saat ini beras Solok dari harga awal Rp15 ribu kini naik menjadi Rp22 ribu,” ujarnya, Sabtu (15/1/2011).

Dikatakannya, memang ada harga di bawah itu tapi mempunyai kualitas yang sangat rendah, yakni banyak ampas dan kadang banyak kerikil. “Paling rendah harga berasa saat ini mencapai Rp19 ribu per gantang. Dulunya sih harganya Rp10 ribu per gantang,” katanya.

Akibat naiknya harga tersebut membuat beberapa pembeli hanya membeli per gantang saja, serta tidak dalam skala besar. ”Sejak naiknya harga beras kini pembeli hanya mampu membeli satu gantang saja,” ujarnya.

Roberta (32), ibu rumah tangga dari Banuaran, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota padang, sejak naiknya harga beras itu, ia hanya mampu membeli beras yang kualitas rendah saja. “Gimana lagi pak, harganya melonjak, uang kita tidak ada lebih baik beli beras ini asal kita bisa makan,” tutupnya. (Okezone.com)

Berita Pertanian : Tidak Mampu, Nggak Usah Beli Cabai!

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu

JAKARTA - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengimbau agar masyarakat yang tidak mampu membeli cabai, lebih baik tidak usah mengkonsumsi komoditas tersebut. Hal ini terkait melonjaknya harga cabai belakangan ini sehingga membuat masyarakat mengeluh.

"Kalau harganya tinggi, dikonsumsi oleh yang bisa (yang mampu), yang punya purchasing power," ungkap Mari saat ditemui usai rapat persiapan KTT APEC, di Gedung Menko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (6/1/2011).

Namun Mari menjelaskan ada segi positif yang dapat diambil dari naiknya harga cabai ini, yaitu keuntungan yang diperoleh petani akibat lonjakan harga tersebut, sesuatu yang jarang diperoleh petani sebelumnya,

"Ada penyesuaian dari segi konsumsi dan menjadi kesempatan jangan lupa petani cabai juga mendapatkan keuntungan dengan harga lebih tinggi," tambahnya.

Selain mengimbau untuk mengurangi konsumsi, Mari pun menambahkan solusi untuk mengkonsumsi cabai akibat harga cabai yang tinggi bisa dengan peralihan sementara dari cabai mentah menjadi cabai olahan atau cabai botol. "Akan ada potensi untuk kita beralih sementara untuk (dari) cabai yang sudah diulek menjadi sudah dibubuk atau botol," katanya

Menurutnya ini bisa ditempuh untuk meningkatkan permintaan komersial yang lebih baik. "Ini untuk meningkatkan permintaan yang lebih komersial," tandasnya.(okezone.com)

Teknik Membudidayakan Terong

Terong merupakan tanaman setahun berjenis perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 60 - 90 cm. Daun tanaman ini lebar dan berbentuk telinga. Bunganya berwarna ungu dan merupakan bunga sempurna, biasanya terpisah dan terbentuk dalam tandan bunga. Buah terong sangat dikenal masyarakat dan banyak digunakan sebagai lalap sayuran segar dan disayur. Hal ini disebabkan oleh rasa buah terong yang enak dan banyak mengandung vitamin.

Taksonomi Tanaman

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Superdivisio : Spermatophyta
  • Divisio : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub-kelas : Asteridae
  • Ordo : Solanales
  • Familia : Solanaceae
  • Genus : Solanum
  • Spesies : Solanum melongena L.

Syarat Tumbuh Tanaman Terong

  • Terong ini lebih mudah karena dapat tumbuh di berbagai tempat, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.
  • Terong lebih mudah beradaptasi terhadap pengaruh cuaca dan suhu udara 22 - 30o C
  • Budidaya tanaman terong membutuhkan jenis tanah yang subur, kaya akan unsur hara atau nutrisi dalam tanah, bertekstur remah atau lempung berpasir dan memiliki aerasi tanah yang baik.
  • Sinar matahari harus cukup dan cocok ditanam musim kemarau
  • Aerasi tanah adalah kemampuan tanah dalam meyerap gas seperti Oksigen dari udara yang berguna bagi pertumbuhan tanaman terong.
  • Tingkat keasaman tanah atau pH tanah yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman terong ini berkisar antara 6,8 sampai 7,3 dimana unsur hara dapat tersedia dalam jumlah cukup dan mikroorganisme pengurai dapat hidup di dalam tanah.
Budidaya Tanaman Terong

Pembibitan

Tanaman terong berasal dari biji. Penyemaian bibit dari biji ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena biji tanaman terong lebih keras dibandingkan tanaman lainnya.

Untuk mempercepat dalam budidaya tanaman terong, sebaiknya biji direndam dulu dalam wadah yang dibasahi. Wadah tersebut diisi dengan busa atau kapas sebagai media tumbuh. Biji terong akan berkecambah lebih cepat dan siap untuk dipindahkan ke lahan semai/pembibitan lebih dulu.

Pada saat pembibitan, hindarkan siraman air hujan secara langsung dan lindungi bibit dari cahaya matahari penuh agar bibit terong tidak mudah layu dan kering. Caranya dengan memberikan penutup pada lahan pembibitan, seperti dengan menggunakan mulsa plastik.

Pengolahan Lahan

  • Bersihkan rumput liar (gulma) dari sekitar kebun
  • Olah tanah dengan cangkul ataupun bajak sedalam 30 - 40 cm hingga gembur
  • Buat bedengan selebar 100 - 120 cm, jarak antar bedengan 40 - 60 cm, ratakan permukaan bedengan
  • Jika pH tanah rendah, tambahkan dolomit
  • Sebarkan pupuk kandang 15 - 20 ton / ha, campurkan merata dengan tanah.
  • Sebarkan pupuk dasar dengan campuran ZA atau Urea 150 kg + TSP 250 kg per ha dicampur
  • dengan tanah secara merata atau sekitar 10 gr campuran pupuk per lubang tanam
  • Sebarkan Natural GLIO 1 - 2 sachet dicampur pupuk kandang 25 - 50 kg merata ke bedengan atau ke lubang tanam
  • Jika pakai Mulsa plastic, tutup bedengan pada siang hari
  • Biarkan selama seminggu sebelum tanam
  • Buat lubang tanam dengan jarak 60 x 70 cm atau 70 x 70 cm

Penanaman

  • Waktu tanam yang baik musim kering
  • Pilih bibit yang tumbuh subur dan normal
  • Tanam bibit di lubang tanam secara tegak lalu tanah di sekitar batang dipadatkan
  • Siram lubang tanam yang telah ditanami hingga cukup basah atau lembab

Pengairan

Dilakukan rutin tiap hari, terutama pada fase awal pertumbuhan dan cuaca kering

Penyulaman

  • Sulam tanaman yang pertumbuhannya tidak normal, mati atau terserang hama penyakit
  • Penyulaman maksimal umur 15 hari

Pemasangan air (Turus)

  • Lakukan seawal mungkin agar tidak mengganggu dan merusak sistem perakaran
  • Turus terbuat dari bilah bambu setinggi 80 - 100 cm dan lebar 2 - 4 cm
  • Tancapkan secara individu dekat batang
  • Ikat batang atau cabang terong pada turus

Penyiangan

  • Rumput liar atau gulma di sekitar tanaman disiangi atau dicabut
  • Penyiangan dilakukan pada umur 15 hari dan 60 - 75 hari setelah tanam
Pemangkasan

Pangkas tunas-tunas liar yang tumbuh mulai dari ketiak daun pertama hingga bunga pertama juga dirempel untuk merangsang agar tunas-tunas baru dan bunga yang lebih produktif segera tumbuh

Pemupukan

Pupuk susulan diberikan pada tanaman umur 21 hari setelah tanam antara lain ZA dosis 2.5 – 3 gram/tanaman, SP-36 sebanyak 2.5 – 3 gram/tanaman, KCl sebanyak 1-1.5 gram/tanaman. Pupuk diberikan dipinggir tanaman dengan jarak 10 cm dari pangkal batang. Pupuk susulan kedua dilakukan pada umur 50 hari setelah tanam dengan pupuk NPK Grand S-15 dengan dosis 8 - 10 gram per tanaman. Pemupukan ke – IV yang terakhir yaitu NPK Grand-S 15 pada saat panen yang kedua dilakukan dengan dosis sebanyak 10 gram.
Semprotkan 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK per tangki setiap 1 - 2 minggu sekali

Pengendalian Hama Penyakit

H A M A
1. Kumbang Daun (Epilachna spp.)
Gejala serangan adanya bekas gigitan pada permukaan daun sebelah bawah
Bila serangan berat dapat merusak semua jaringan daun dan tinggal tulang-tulang daun saja
Cara pengendalian; kumpulkan dan musnahkan kumbang, atur waktu tanam, pencegahan dengan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 setiap 1 - 2 minggu sekali.

2. Kutu Daun (Aphis spp.)
Menyerang dengan cara mengisap cairan sel, terutama pada bagian pucuk atau daun-daun masih muda
Daun tidak normal, keriput atau keriting atau menggulung
Sebagai vektor atau perantara virus
Cara pengendalian; mengatur waktu tanam dan pergiliran tanaman, pencegahan semprot PENTANA + AERO 810 atau Natural BVR setiap 1 - 2 minggu sekali.

3. Tungau ( Tetranynichus spp.)
Serangan hebat musim kemarau.
Menyerang dengan cara mengisap cairan sel tanaman, sehingga menimbulkan gejala bintik-bintik merah sampai kecoklat-coklatan atau hitam pada permukaan daun sebelah atas ataupun bawah.
Cara pengendalian sama seperti pada pengen dalian kutu daun.

4. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon Hufn.)
Bersifat polifag, aktif senja atau malam hari
Menyerang dengan cara memotong titik tumbuh tanaman yang masih muda, sehingga terkulai dan roboh
Cara pengendalian; kumpulkan dan musnahkan ulat, pencegahan siram atau semprotkan PESTONA atau PENTANA + AERO 810.

5. Ulat Grayak (Spodoptera litura, F.)
Bersifat polifag.
Menyerang dengan cara merusak dan memakan daun hingga berlubang-lubang.
Cara pengendalian; mengatur waktu tanam dan pergiliran tanaman, semprot dengan Natural VITURA.

6. Ulat Buah ( Helicoverpa armigera Hubn.)
Bersifat polifag, menyerang buah dengan cara menggigit dan melubanginya, sehingga bentuk buah tidak normal, dan mudah terserang penyakit busuk buah.
Cara pengendalian; kumpulkan dan musnahkan buah terserang, lakukan pergiliran tanaman dan waktu tanam sanitasi kebun, pencegahan semprotkan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 setiap 1 - 2 minggu sekali

PENYAKIT
1. Layu Bakteri
Penyebab : bakteri Pseudomonas solanacearum
Bisa hidup lama dalam tanah
Serangan hebat pada temperatur cukup tinggi
Gejala serangan terjadi kelayuan seluruh tanaman secara mendadak

2. Busuk Buah
Penyebab : jamur Phytophthora sp., Phomopsis vexans, Phytium sp.
Gejala serangan adanya bercak-bercak coklat kebasahan pada buah sehingga buah busuk.

3. Bercak Daun
Penyebab : jamur Cercospora sp, Alternaria solani, Botrytis cinerea
Gejala bercak-bercak kelabu-kecoklatan atau hitam pada daun.

4. Antraknose
Penyebab : jamur Gloesporium melongena
Gejala bercak-bercak melekuk dan bulat pada buah lalu membesar berwarna coklat dengan titik-titik hitam

5. Busuk Leher akar
Penyebab ; Sclerotium rolfsii
Gejala pangkal batang membusuk berwarna coklat

6. Rebah Semai
Penyebab : Jamur Rhizoctonia solani dan Pythium spp.
Gejala batang bibit muda kebasah-basahan, mengkerut dan akhirnya roboh dan mati
Cara pengendalian Penyakit:
Tanam varietas tahan, atur jarak tanam dan pergiliran tanaman, perbaikan drainase, atur kelembaban dengan jarak tanam agak lebar, cabut dan buang tanaman sakit Rendam benih dengan POC NASA dosis 2 cc / lt + Natural GLIO dosis 1 gr/lt. Pencegahan sebarkan Natural GLIO yang telah dicampur pupuk kandang sebelum tanam ke lubang tanam.

Pemanenan

Umur terong yang dapat dipanen tergantung dari varietas yang ditanam. Namun, secara umum terong dapat dipanen sekitar 4 bulan atau 90 hari sejak semai. Selanjutnya selang seminggu sekali, buah terong dapat dipanen 6 sampai 7 kali. Dalam pemanenan, diperhitungkan pula lama pengangkutan sampai ke tangan konsumen. Sebaiknya terong yang dipetik adalah buah muda yang bijinya belum keras dan daging buahnya belum liat. Apabila pengangkutan memerlukan waktu lama, maka sebaiknya terong dipetik sebelum masak, tapi sudah tampak bernas atau berisi. Waktu panen sebaiknya dilakukan saat pagi hari atau sore hari. Hindari waktu panen saat terik matahari karena dapat mengganggu tanaman dan membuat kulit terong menjadi keriput dan kering sehingga menurunkan kualitas.

Jumat, 14 Januari 2011

Berita Pertanian : Pengolahan sapi Australia butuh 1.000 TKI

JAKARTA: Industri pengolahan sapi di Australia membutuhkan sedikitnya 1.000 orang tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di sektor tersebut, karena sebagian besar ekspor hewan itu adalah ke Tanah Air.

Menurut Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat, kalangan swasta di Australia memahami Indonesia sebagai negara importir terbesar sapi dari negara ini Australia hingga 600.000 hewan per tahun membuat pelaku usaha lebih memperhatikan pekerja dari Indonesia.

“Secara umum Australia memang kekurangan tenaga kerja, karena itu wajar jika mereka sebagai pelaku usaha pengolahan sapi yang tujuan ekspornya ke Indonesia mengutamakan pekerja-pekerja Indonesia daripada tenaga kerja migran dari negara lain,” katanya, hari ini.

Jumhur menjelaskan setidaknya sekitar 1.000 orang TKI dapat terserap dalam industri peternakan sapi ini, karena industri tersebut tidak hanya mengembangkan peternakan, tapi juga penggemukan (fatening) dan juga pemotongan sapi (slaughtering house).

Selain itu, industri pengolahan sapi menjadi penting untuk Indonesia, karena proses produksi yang halal menjadi jaminan produk ini dapat terserap pasar di Tanah Air.

“Tidak hanya untuk industri pengolahan sapi, pelaku usaha di Australia juga banyak membutuhkan TKI untuk pemeliharaan mesin, pembuatan pagar pembatas dan juga untuk pembuatan kotak kemasan daging sapi,” jelasnya.

Mengenai upah bagi pekerja asing di Australia, Jumhur menuturkan para TKI tidak perlu cemas, negara itu memberikan upah minimum sekitar AUS$3.000 atau setara dengan Rp24 juta per bulan. (bisnis.com)

Berita Pertanian : Ilmuwan Kembangkan Ayam Antiflu Burung

Ilmuwan Kembangkan Ayam Antiflu Burung

Para ilmuwan Inggris berhasil mengembangkan anak ayam dengan gen termodifikasi (GM) yang tidak dapat terinfeksi flu burung dan ini merupakan satu langkah futuristik yang dapat mengruangi risiko penyebaran flu burung serta penyebaran epidemi yang mematikan manusia itu.

Para ilmuwan dari Universitas Cambridge dan Edinburgh mengatakan bahwa untuk sementara anak ayam transgenik itu masih bisa terkena sakit dan mati jika mereka terkena flu burung H5N1, namun ayam-ayam ini taka akan menularkan virus ke ayam lainnya.

"Mencegah menyebarnya virus ke anak ayam semesetinya n eengurangi dampak ekonomi dari penyakit itu dan mengurangi risiko yang ditimbulkan kepada manusia," kata Laurence Tiley dari Departemen Kedokteran Hewan Universitas Cambridge, yang mengetuai penelitian itu.

Flu burung H5N1 telah menyebar di Asia dan Timur Tengah, serta pernah menjadi wabah besar di Eropa, sejak 2003 dan telah membunuh atau memaksa pemusnahan ratusan juta burung, demikian organisasi dunia untuk kesehatan hewan OIE.

Virus ini jarang menginfeksi orang tetapi manakala menginfeksi dampaknya akan sangat mematikan. Organisasi Kesehatan Dunia sendiri telah mendokumentasikan 516 kasus virus ini pada manusia sejak 2003 dan virus itu telah menewaskan 306 orang.

Para ahli mengatakan bahayanya adalah virus ini bisa berkembang menjadi satu bentuk yang dapat merasuk ke manusia untuk kemudian ditularkan ke manusia lainnya. Kecenderungan ini menyebabkan laju penyebaran virus melonjak dan menciptakan pandemi di mana jutaan orang bisa mati karenanya.(antaranews)

Berita Pertanian : Konsumsi Ikan Indonesia Capai 30 Kg per Kapita per Tahun

Tingkat konsumsi ikan di Indonesia 2010 mencapai 30,47 kilogram per kapita per tahun, meningkat 29% dibanding tingkat konsumsi 2009. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam siaran pers-nya yang diterima di Jakarta, Jumat (14/1) menyebutkan, dukungan konsumsi dalam negeri sangat diperlukan untuk membangun alur pemasaran produk yang kuat sehingga juga membangun kepercayaan diri pelaku usaha sektor perikanan dari hulu sampai ke hilir.
Akibatnya, peningkatan tingkat konsumsi ikan diyakini tidak hanya dapat meningkatkan kesejahteraan makanan, khususnya pelaku usaha. Selain itu, peningkatan konsumsi ikan juga dinilai berarti penting bagi ketahanan pangan dan kemandirian bangsa karena peningkatan konsumsi ikan akan mengurangi ketergantungan terhadap impor protein hewani lainnya.

Sementara produksi ikan dalam negeri diyakini dapat mencukupi baik kebutuhan ekspor maupun domestik. Pada tahun 2011, KKP memperkirakan jumlah ketersediaan stok ikan yang dapat dikonsumsi masyarakat mencapai 7,76 ton. Sedangkan sasaran target produksi ikan pada 2011 adalah sebesar 12,26 juta ton.

Sasaran target tersebut berarti terdapat peningkatan 13% dari produksi 2010 sebesar 10,85 juta ton. Sementara itu, neraca perdagangan ekspor-impor perikanan Indonesia 2010 masih mengalami surplus sebesar US$ 2,3 miliar atau meningkat sekitar 7,06% dibanding tahun 2009. Neraca tersebut, menurut KKP, berbeda dengan kondisi ketersediaan sumber protein hewani lainnya yang masih perlu diimpor untuk memenuhi kebutuhan domestik. (antara news)

Tips Ampuh : Mengatasi Sakit Gigi

Menderita sakit gigi bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Rasa sakitnya bahkan bisa membuat orang dewasa menangis. Gigi berlubang umumnya menjadi penyebab awal kita menderita sakit gigi. Sakit gigi menjadi problem kesehatan yang juga serius bagi banyak orang. Apa sebenarnya yang terjadi pada gigi kita saat menderita sakit gigi? Apa akibat lain dari gigi berlubang? Bagaimana cara mengatasi sakit gigi?
Berikut resep ampuh untuk mengatasi sakit gigi terutama yang berlubang.

1. Bawang Putih
Bawang putih secukupnya ditumbuk hingga halus kemudian ditempelkan pada gigi yang sakit

2. Kamboja
Beberapa tetes getah kamboja diteteskan pada kapas kemudian digunakan untuk menyumbat gigi yang berlubang. Hati-hati jangan sampai terkena gigi yang tidak sakit

3. Cengkeh
Cengkeh secukupnya dibakar hingga hangus kemudian digiling halus. Masukkan pada gigi yang berlubang lalu ditutup dengan kapas.

4. Cabai Hijau
Cabai hijau dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar hingga panas. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit

Berita Pertanian : Bank Dunia: Waspadai Kenaikan Pangan Pada 2011

Bank Dunia dalam proyeksi ekonomi global meminta negara-negara berkembang untuk mewaspadai adanya kenaikan harga pangan terhadap kemungkinan gangguan iklim dan kuatnya permintaaan pada 2011.

"Kami sangat prihatin dengan kenaikan harga-harga pangan, dan ini berlangsung di seluruh dunia. Kami melihat beberapa kesamaan dengan situasi dua tahun lalu pada 2008, hanya sesaat sebelum krisis," ujar Direktur Prospek Pembangunan Bank Dunia Hans Timmer dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, kenaikan harga pangan ini dapat mempengaruhi pasar internasional. Untuk itu setiap negara harus menjamin keberlangsungan perdagangan komoditas dan menyiapkan cadangan pangan stok dalam negeri agar harga tidak merambat naik.

"Krisis pangan global tidak berhenti secara langsung. Ini sudah berlangsung hampir sepanjang tahun dan membutuhkan situasi ketat agar gangguan ini dapat diatasi dan harga-harga kembali normal," ujarnya.

Ekonom Senior Bank Dunia untuk Indonesia Enrique Blanco Armas menambahkan kenaikan harga beras yang terjadi di Indonesia disebabkan kurangnya pasokan dan untuk menstabilkan harga, pemerintah perlu melakukan operasi pasar secara intensif sebelum masa panen pada Februari.

"Operasi pasar yang dilakukan pemerintah harus diinsentifkan agar sebelum masa panen untuk menjamin kepastian harga," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, pemerintah juga perlu untuk memberikan insentif kepada petani untuk meningkatkan produktivitas beras serta menjamin kelancaran distribusi.

Untuk itu, sepanjang tahun ini diperlukan upaya untuk mengatasi perubahan iklim dan cuaca yang mempengaruhi produktivitas harga komoditas seluruh dunia dan berdampak inflasi secara keseluruhan.

"Bukan hanya Indonesia yang mengalami ini, apalagi harga beras Indonesia lebih tinggi dari harga internasional. Apabila tidak menyiapkan cadangan pangan, secara keseluruhan bisa mempengaruhi inflasi dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Bank Dunia mencatat gangguan yang berhubungan dengan cuaca terhadap produksi bahan pangan menggerakan inflasi menjadi 6,9 persen yoy pada Desember, 6,3 persen yoy pada November dari 5,7 persen yoy pada Oktober.

Harga padi-padian (termasuk beras) meningkat sebesar 25 persen yoy, dan menjadi tingkat tertinggi sejak krisis bahan pangan pada 2006 karena kelas menengah ke bawah mengkomsumsi porsi bahan pangan yang lebih besar dalam susunan konsumsi mereka.

Inflasi inti masih tetap bertahan pada 4,3 persen dan meskipun meningkat secara bertahap, masih dibawah tingkat yang tercatat pada 2008 sehingga BI tidak mengubah suku bunga acuan (BI Rate) pada angka 6,5 persen.

Sementara, harga-harga komoditas dunia mulai meningkat pada beberapa bulan terakhir. Pada November, harga komoditas non energi dalam dolar AS, harga pangan dan bahan mentah masing-masing meningkat sebesar 3,4 persen, 4,9 persen dan 7,6 persen.

Pendorong dan faktor utama adalah kuatnya permintaan dari ekonomi-ekonomi baru, terutama China serta gangguan pasokan pada sektor pertanian.(antaranews)

Berita Pertanian : Pengadaan Beras Dalam Negeri Andalkan 11 Provinsi

Pengadaan Beras Dalam Negeri Andalkan 11 Provinsi
Pengadaan beras dalam negeri oleh Perum Bulog sebanyak 3,5 juta ton pada 2011 mengandalkan pada pasokan dari 11 provinsi di tanah air.

Dinas Pertanian dan Divisi Regional Perum Bulog 11 provinsi tersebut di Jakarta, Kamis, menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam pengadaan beras atau gabah tersebut.

Pengadaan itu akan diperoleh dari sebelas provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), DI Yogyakarta, Banten, NTB, Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Sulawesi Selatan (Kalsel) dengan total areal 2,7 juta ha.

Sementara itu, rincian pengadaan 3,5 juta ton tersebut diperoleh dari Banten 50 ribu ton, Jabar 650 ribu ton, Jateng 620 ribu ton dan Yogyakarta 50 ribu ton.

Selain itu, Jatim 1,2 juta ton, Aceh 65 ribu ton, Sumsel 125 ribu ton, Lampung 165 ribu ton, Kalsel 25 ribu ton, Sulsel 370 ribu ton, dan NTB 150 ribu ton.

"Ukuran keberhasilan sinergi pada 2011 harus mampu melaksanakan pengadaan dalam negeri 3,5 juta ton. Ini sudah menjadi tuntutan publik dan keputusan presiden kepada jajaran di bawahnya," kata Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Udoro Kasih Anggoro usai menyaksikan penandatanganan MoU antara Dinas Pertanian dan Divre Perum Bulog tersebut.

Untuk itu, lanjutnya, Kementan juga menambah lima provinsi yang akan berpartisipasi dalam pengadaan beras 3,5 juta ton, yaitu Riau, Bengkulu, Sumatera Utara, Jambi, dan Sumatera Barat.

Dia mengatakan, apa yang terjadi di 2010 menjadi titik tolak untuk memperbaiki kinerja tahun ini.

"Berdasarkan analisa tren, jika kinerja masih biasa-biasa saja, neraca pangan mulai September bisa negatif," ujar dia.

Menurut Anggoro, tahun ini pihaknya akan mengejar pertumbuhan produksi beras sebesar 5 persen atau mencapai 70,01 juta ton setara 43,9 juta ton beras.

Untuk meraih target tersebut dilakukan sejumlah langkah terobosan, yaitu percepatan realisasi tanam sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SLPTT) yang semula rata-rata dilakukan pada Oktober-Maret (musim kering II) menjadi musim kering I. Selain itu, percepatan penyiapan benih dan kepastian penyediaan pupuk.

Sedangkan upaya-upaya untuk menstabilkan pasokan dan harga beras, diantaranya produksi naik 5 persen atau 70 juta ton gabah kering giling (GKG), tanggap dan reaksi cepat terhadap kondisi lapangan atau perubahan iklim.

Kemudian realisasi pengadaan beras dalam negeri oleh Perum Bulog sebesar 2,5 juta ton harus terealisasi pada Juni 2011, melakukan langkah-langkah pengendalian harga beras dan penyaluran raskin tepat waktu (Januari-April), dan terus melakukan operasi pasar hingga harga betul-betul aman.

"Kami juga melakukan pendampingan untuk mendukung ketahanan pangan meliputi diversifikasi pangan dan cadangan pangan masyarakat," katanya.(antaranews)

Kamis, 13 Januari 2011

Berita Pertanian : Kementerian Pertanian Canangkan Gerakan Massal Tanam Cabai

Kementerian Pertanian mencanangkan gerakan massal menanam cabai yang akan dimotori oleh tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga serta Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

Menteri Pertanian, Suswono, sebelum mengikuti rapat kabinet paripurna di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa dalam waktu dekat Kementerian Pertanian akan membagikan benih gratis untuk gerakan massal menanam cabai tersebut.

"Pada 2011 segera kami lakukan. Yang jelas, lebih awal dilakukan, lebih baik," ujarnya,

Saat ini, menurut Suswono, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian sedang menyusun langkah-langkah yang akan dilakukan untuk gerakan awal yang melibatkan seratus ribu kepala keluarga.

Untuk langkah awal, lanjut dia, gerakan massal menanam cabai akan dilakukan di beberapa daerah di antaranya Lampung, Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Gerakan menanam itu pada dasarnya memanfaatkan lahan-lahan pekarangan sempit di perumahan karena cabai adalah jenis tanaman yang mudah tumbuh baik langsung di tanah maupun menggunakan pot.

"Kami juga akan melakukan langkah antisipasi, tanaman ini kan baru tiga bulan kemudian menghasilkan. Ketika sudah menghasilkan sebetulnya dalam satu sampai dua tahun bisa panen terus. Oleh karena itu nanti kira-kira tiga bulan sebelum Lebaran misalnya, gerakan ini akan lebih diintensifkan lagi," tuturnya.

Mentan mengatakan kementeriannya sudah menyiapkan anggaran untuk pembagian bibit gratis dalam gerakan massal menanam cabai.

"Memang nanti kalau toh tidak mencukupi kami bisa men"switch" anggaran mana yang kira-kira lebih prioritas," ujarnya.

Suswono mengatakan melonjaknya harga cabai saat ini murni disebabkan oleh faktor cuaca karena pada 2010 memang hanya ada satu musim, yaitu musim hujan, sedangkan cabai baru bisa tumbuh baik dalam keadaan kering atau sedikit air.

Pada 2010, menurut Mentan, produksi cabai di Indonesia turun hingga 30 persen. Karena itu Kementerian Pertanian akan terus menggenjot produksi cabai untuk menurunkan harga.

Sebenarnya, lanjut dia, harga cabai bisa menurun apabila masyarakat menahan diri tidak mengonsumsi cabai selama dua atau tiga hari karena cabai adalah produk yang tidak tahan lama untuk disimpan.

"Sebetulnya cabai bukan makanan pokok. Ini mudah rusak, artinya kalau saja konsumen kurangi saja sedikit, mengerem, katakanlah tidak makan cabai dua atau tiga hari, langsung harganya jatuh karena tidak mungkin disimpan lama," jelasnya.

Mentan berharap pada Januari 2011 harga cabai akan menurun karena ia telah mendapatkan informasi bahwa pada Januari di beberapa daerah akan panen.

"Sebenarnya Januari ini akan ada banyak panen di beberapa tempat sehingga mudah-mudahan pasokan semakin banyak. Dengan pasokan yang semakin banyak ini Insya Allah harga akan pulih kembali," katanya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan saat ini tidak banyak yang bisa dilakukan terkait harga cabai yang melambung kecuali memikirkan antisipasi di masa depan dalam bidang pertanian agar tanaman cabai tidak membusuk apabila curah hujan sangat tinggi.

"Kami dari perdagangan menjaga agar distribusi tidak ada gangguan. Jadi penyesuaian akan terjadi sementara harga tinggi. Tentu ini adalah sesuatu yang akan kami coba perbaiki dari segi produksinya maupun menjamin distribusi tidak ada gangguan," ujarnya.

Mendag memperkirakan penyesuaian harga cabai akan terjadi dalam waktu dua atau tiga bulan lagi. (antaranews)

Berita Pertanian : 15.800 Ton Beras Impor Terkatung-katung di Lampu I

Proses Pembongkaran Lambat
Berita Pertanian Untuk Negeriku – Belawan. Lambatnya proses pembongkaran beras impor asal Vietnam milik Perum Bulog Sumut yang dilakukan perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) maupun Perusahaan Bongkar Muat (PBM) di Pelabuhan Belawan, mengakibatkan pasokan beras ke daerah ini menjadi terhambat. Pasalnya, kapal-kapal pengangkut beras impor untuk kebutuhan masyarakat Sumut harus mengantri di perairan dalam waktu yang cukup lama.
Saat ini, setidaknya ada tiga kapal pengangkut 15.800 ton beras impor milik Bulog masih terkatung-katung di Lampu I Belawan (sekitar 13 mil dari Pelabuhan Belawan) menunggu giliran bisa sandar di Pelabuhan Belawan. Padahal, ketiga kapal ini telah sampai di Lampu I sekitar seminggu lalu, namun karena proses pembongkaran beras impor yang dilakukan perusahaan ekspedisi di Pelabuhan Belawan dari kapal-kapal lainnya yang terlebih dahulu sandar sebelum selesai, kapal-kapal ini terpaksa harus menunggu giliran untuk bisa melakukan pembongkaran isi kapal.

"Pelabuhan Belawan sebenarnya sangat siap untuk memberi layanan yang baik bagi kapal-kapal pengangkut barang, terlebih barang kebutuhan pokok, tetapi karena proses pembongkaran muatan kapal yang dilakukan oleh perusahaan ekspedisi berjalan lamban, maka kapal-kapal pengangkut kebutuhan pokok lainnya yang mau sandar di Pelabuhan Belawan terpaksa harus antre berlama-lama di perairan Lampu I Belawan (tempat ngantri untuk sandar kapal). Jadi kesalahan bukan di Pelindo Belawan" jelas Azmi, staf Humas Pelindo Belawan, kepada MedanBisnis, Selasa (11/1).

Dikatakannya, ketiga kapal pengangkut beras yang saat ini tengah mengatri itu telah tiba di perairan Lampu I Belawan pada Kamis (6/1), dan sampai saat ini masih nongkrong di Lampu I untuk menunggu giliran sandar di Pelabuhan Belawan. Ketiga kapal itu yakni kapal MV Viet Frach 02 bermuatan 3.500 ton beras, MV Giang Hai 05 bermuatan 4.300 ton beras dan MV Sea Zenit membawa muatan 8.000 ton beras asal Vietnam.

Masih nongkrongnya ketiga kapal pengangkut beras impor untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Sumut itu di Lampu I Belawan, jelas Azmi, terkait tidak optimalnya pihak yang menangani proses bongkar muat barang melakukan aktivitasnya. "Mendatangkan truk sajapun sulit mereka lakukan sehingga proses pembongkaran menjadi lambat" ujar Azmi.

Selain itu, terang Azmi, pihak pengurus dokumen pengajuan sandar kapal ke Pelindo I Cabang Belawan terlalu lambat. Sebagai contoh, kata Azmi, kapal Giang Hai 05 berbendera Vietnam yang sudah tiba di Lampu I Kamis (6/1) baru diajukan sandar hari ini (11/1). "Pihak terkait tidak bekerja optimal" katanya.

Akibat lambatnya proses bongkar muat beras impor di Pelabuhan Belawan, kata juru bicara pengelola Pelabuhan Belawan itu, tiga kapal pengangkut beras impor yang sebelumnya telah sandar proses pembongkaran muatannya juga masih belum selesai. Ketiga kapal tersebut masing-masing MV Sangthai Quartz membongkar 3.800 ton beras impor asal Vietnam, MV Nothern Star bermuatan 6.800 ton beras dan kapal MVSea Brighton membongkar 6.516 ton beras asal Vietnam. Kapal Sangthai Quartz rencananya meninggalkan Pelabuhan Belawan Jumat (7/1), kapal MV Sea Brihgton Rabu (12/1) dan kapal MV Nothern Star rencana bertolak dari Pelabuhan Belawan pada Kamis (13/1).

Berhubung masih ada tiga lagi kapal pengangkut beras yang tengah melakukan aktivitasnya di Pelabuhan Belawan, ditambah lambatnya pengajuan dokumen untuk sandar oleh pengelolanya, maka tiga kapal yang tengah lego jangkar di Lampu I terpaksa harus menunggu giliran sandar dalam waktu yang diperkirakan masih lama.

Dia mengakui beras merupakan kebutuhan pokok warga tetapi kalau semua kapal pengangkut beras yang proses bongkar muatnya lambat dipaksakan sandar di dermaga Pelabuhan Belawan, maka kapal lain terhambat untuk melakukan aktivitasnya. "Kapal beras memang diprioritaskan untuk sandar, tapi kapal pengangkut komoditas kebutuhan warga Sumut lainnya juga tidak bisa diabaikan" imbuhnya.

Secara terpisah, Humas Perum Bulog Sumut Rusli Siregar SE melalui telepon selular mengakui ada sejumlah kapal pengangkut beras milik BUMN itu yang masih menunggu giliran sandar di perairan Lampu I Belawan.

Dia mengatakan, jika nantinya ada pihak yang melakukan klaim atas lambatnya proses bongkar muat beras milik Perum Bulog Sumut di Pelabuhan Belawan, maka hal itu menjadi tanggung jawab pihak EMKL yang menanganinya.

Sebab, ujar juru bicara Perum Bulog Sumut itu, EMKL menjadi pihak yang menangani proses di Pelabuhan Belawan melalui tender. "Jika nantinya ada pihak yang mengklaim, mereka yang harus bertanggung jawab, karena proses pembongkaran yang bereka lakukan tidak optimal sehingga menghambat kelancaran arus barang di Pelabuhan Belawan," tegas Rusli. (Medan Bisnis)

Tips Ampuh : Merawat Buah Dada Tetap Kencang

Buah dada wanita merupakan suatu bagian dari tubuh yang sangat berharga sekali, dan setiap wanita pasti mengamini kalimat di atas. Menurut saya semua perempuan yang ingin buah dadanya tetap kencang dan berisi terutama wanita yang baru melahirkan dan menyusui dimana BD-nya pasti menjadi kendur, turun dan tidak montok lagi. Memiliki buah dada yang montok, kencang dan padat berisi sangat diharapkan apalagi untuk mengembalikannya tidak sulit, coba ikutilah ramuan ampuh berikut ini:

Bahan-bahan yang digunakan :
  • 2 buah pinang muda
  • 10 lembar daun lenhujang, sejenis daun yang banyak di semak belukar
  • satu sendok teh garam
Caranya membuatnya :
  • ambilah dua buah pinang muda, buang sabutnya dan ambil dagingnya, ditumbuk sampai halus,
  • ambil juga 10 lembar daun lenhujang, sejenis daun yang banyak terdapat di semak belukar, dan ditumbuk sampai halus,
  • dicampurkan daun lenhujang tadi dengan daging pinang yang sudah ditumbuk,
  • ditambahkan satu sendok teh garam, remas dan aduk-aduk, poleskan kesekitar buah dada yang kendur seperti jika memakai masker,
  • dibiarkan hingga kering, barulah dicuci dengan air hangat dan perlu diperhatikan pada saat mempoleskan ramuan ini di sekeliling buah dada, jangan sampai air ramuan mengenai puting buah dada Anda,
  • hasilnya bisa dilihat setelah Anda memakai ramuan ini secara teratur...

Rabu, 12 Januari 2011

Teknik Membudidayakan Jagung Manis

Tanaman jagung (Zea mays L.) berasal dari benua Amerika dan klasifikasi tanaman jagung adalah sebagai berikut:
Divisio : Spermathophyta
Subdivisio : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonena
Ordo : Graminae
Famili : Graminaceae
Subfamilia : Ponicoidae
Genus : Zea
Species : Zea mays L.

Bunga pada tanaman jagung terdiri dari bunga jantan dan bunga betina yang letaknya terpisah, sedangkan bunga betina terdapat pada tongkol jagung. Biji jagung tersusun dalam janggel adalah tongkol yang dibentuk pada bunga betina setelah terjadi pembuahan terjadi perkembangan biji 7 hari sampai 10 hari, yang pertama perkembangannya lambat.

Suhu yang dikehendaki tanaman jagung berkisar antara 21ºC – 30ºC. Akan tetapi untuk pertumbuhan yang baik tanaman jagung khususnya jagung hibrida suhu yang optimal adalah 23ºC – 27ºC. Suhu sekitar 25ºC akan mengakibatkan perkecambahan biji jagung lebih cepat dan suhu tinggi lebih dari 40ºC akan mengakibatkan kerusakan embrio sehingga tanaman tidak jadi berkecambah.

Kondisi pH yang baik untuk pertumbuhan jagung hibrida berkisar antara 5,5 – 7,0 dan pH optimal 6,8 terutama pada saat berbunga dan pengisian biji. Curah hujan yang normal untuk pertumbuhan tanaman jagung yang ideal adalah sekitar 250 mm/tahun sampai 2000 mm/tahun. Jagung hibrida akan tumbuh dengan baik di daerah yang ketinggiannya lebih dari 5000 m di atas permukaan laut. (Supapto, 1999).

Tanaman jagung sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia ataupun hewan, jagung merupakan makanan pokok kedua setelah padi, produksi jagung kini dapat dikonsumsi oleh manusia dalam bentuk penyajian, jagung merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung hidrat arang, yang dapat digunakan untuk menggantikan (mensubtitusi) beras.

Jagung termasuk tanaman akar serabut yang terdiri dari tipe akar yaitu akar dan seminal, akar adventif dan akar udara, seminal tumbuh dari radikma dan embiro. Akar adventif disebut juga akar tunjang. Akar ini dari buku paling bawah. Sekitar 4 cm di bawah permukaan tanah. Akar udara adalah akar yang keluar dari dua atau lebih dari buku terbawah dekat permukaan tanah.
Batang jagun­g tidak bercabang, berbentuk silinder. Pada buku ruas akan muncul tunas yang berkembang menjadi tongkol. Tinggi jagung tergantung variates, umumnya berkisar 100 – 300 cm. Daun jagung memanjang dan keluar dari buku-buku batang. Jumlah daun terdiri dari 8-48 helaian tergantung varietasnya. Antara kelopak dan helaian terdapat lidah daun yang disebut Ligula, fungsi Ligula adalah mencegah air masuk ke dalam kelopak daun dan batang.

Terdapat banyak jenis jagung, seperti:
  • Jagung gigi kuda ( Zea Mays Indentata )
  • Jagung mutiara ( Zea Mays Indurata )
  • Jagung manis ( Zea Mays Saccharata )
  • Jagung berondong ( Zea Mays Everta)
  • Jagung tepung ( Zea Mays Amylaceae )
  • Jagung polong ( Zea Mays Tunicata )
  • Jagung ketan ( Zea Mays ceratina )
Pada proses tumbuh tanaman jagung dibedakan dalam dua stadia yaitu:
a. Stadia vegetatif
Pada stadia vegetatif ini melalui fase kecambah, dilanjutkan dengan fase pertumbuhan vegetatif, akar batang daun yang cepat pada akhirnya pertumbuhan vegetatif menjadi lambat sehingga dinamainya stadia generatif
b. Stadia generatif
Pada stadia ini dinamai dengan pembentukan primordia. Proses pembungaan yang mencakup peristiwa penyerbukan dan pembuahan. Penyerbukan yang terjadi pada tanaman jagung biasanya dibantu dengan angin, yaitu dengan cara menebarkan tepung sari kemudian menjatuhkan pada tangkai. Letak bunga jantan dan betina tidak berada di satu tempat. Bunga jantan pada ujung batang yang sedang berbunga, sedangkan bunga betina berada di pertengahan batang atau tongkol. Perlu dijaga kemurnian biji dari varietas yang dibudidayakan dan juga terjadinya penyerbukan silang pada tanaman jagung. Proses penyerbukan, tepung sari tidak harus menempel pada kepala putik. Karena tangkai putik dapat menyebabkan proses penyerbukan tetap berlangsung. Tangkai putik berupa rambut jagung bila ditempel tepung sari. Perkembangan dan pertumbuhan serbuk sari berlanjut. Proses pertumbuhan merupakan kelanjutan peristiwa penyerbukan dapat berlangsung selama serbuk sari menempel pada putik. Kemudian saluran-saluran tangkai putik bertemu sel telur
Syarat Tumbuh
Curah hujan yang terjadi selama bulan penanaman cukup tinggi sebesar 309 mm dan 501 mm (rata-rata 427 mm/bulan), nilai curah hujan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan distribusi hujan yang ideal bagi pertumbuhan jagung yaitu 200 mm/bln (Sutoro et al., 1988) dan berpotensi menyebabkan pencucian pada unsur hara yang terdapat di tanah.
Dalam suatu langkah budidaya ada hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya syarat tumbuh, adapun syarat tumbuh tanaman jagung yaitu ketinggian 5-1.200 m dpl, kelembaban 80%, pH 2,3 dan suhu 15 – 20oC.

Teknik Budidaya

1. Benih
Peranan benih sangat vital sebelum memulai budidaya. Benih juga merupakan biji tanaman jagung yang tumbuh menjadi tanaman muda. Tanaman muda tersebut menjadi tanaman dewasa yang dapat menghasilkan bunga dan berbuah. Mutu benih yang bersifat kualitas memegang peranan penting dan peningkatan produksi, mutu benih meliputi mutu fisik, genetik fisiologis benih. Beberapa benih jagung manis yang sudah beredar diantaranya Sweet boy merupakan hibrida, Super Sweet inbrida dari produsen terkenal Cap Kapal Terbang dan lain-lain.

2. Persiapan Lahan

Pengolahan tanah bertujuan untuk memperbaiki kondisi tanah menjadi gembur, sehingga pertumbuhan akar tanaman maksimal. Pengolahan tanah juga akan memperbaiki tekstur tanah. Adapun tahapan dari pengolahan tanaman jagung manis, yaitu:
  • Membuat bedengan dengan lebar 1 m , jarak bedengan 30 m dan panjangnya sesuai dengan lahan.
  • Penggemburan ketanah dengan kedalaman 30 – 40 cm
3. Pemupukan Organik dan Non Organik
Pemberian pupuk kandang diberikan sebelum pemasangan mulsa dan diratakan di atas tanah bedengan. Pemberian pupuk Organik SP 36, ZA, Kcl dengan perbandingan 1:1:½ berfungsi untuk penyanter tanaman vegetatif, cara pemupukan dengan meratakan di atas bedengan dengan jarak per 1 m dan diberikan 100 g.

4. Pemasangan Mulsa
Mulsa adalah plastik untuk bedengan, ada 2 warna yang berwarna perak berada di atas, sedangkan warna hitam di bawah.
Fungsi mulsa:
  1. Untuk menekan tumbuhnya gulma
  2. Menahan/menjaga kelembaban
  3. Mencegah/mengurangi penguapan air
  4. Menghemat biaya tenaga kerja dalam penyiangan
  5. Memblokir pantulan untuk mengusir hama
  6. Fotosintesis lewat pantulan sinar matahari
5. Pembuatan Lubang Tanaman
Pembuatan lubang Komoditas untuk tanaman jagung, jarak tanaman 40 – 30 cm., dengan bedengan yang sudah ditutupi dengan mulsa, yang sudah dilubangi. Setelah itu dilakukan penunggalan sedalam 2 – 3 cm.

6. Penanaman
Penanaman di lapangan dilakukan dengan menggunakan benih bukan biji. Sebelum penanaman benih kita semai terlebih dahulu, dengan cara:
- Biji disimpan ke pot dengan media: pupuk kandang, arang sekam, selama 7 hari;
- Beri pupuk organik;
- Setelah tumbuh 3 – 5 daun, siap ke lahan.
Penanaman dilakukan pada lubang yang sudah diberi pupuk dengan kedalaman lubang 3 cm dengan jumlah bibit per lubang tanam sebanyak 2 bibit kemudian ditutup dengan tanah. Jarak tanam yang digunakan adalah 75 cm x 25 cm.

7. Penyiraman
Penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari yang bertujuan mencegah tanaman layu. Apabila musim kemarau penyiraman dilakukan setiap hari.

8. Penyiangan
Penyiangan dilakukan untuk mengendalikan gulma di sekitar tanaman yang dilakukan sebanyak 3 kali. Penyiangan pertama dilakukan pada umur 21 hst dengan cara mencabut gulma. Penyiangan ke 2 dilakukan umur 42 hst dengan menggunakan kored. Yang dimaksud penyiangan adalah membrantas atau membuang gulma bagi tanaman yang dibudidayakan. Akibatnya daun menjadi berimbang, cara pengendalian yaitu dengan mencabut rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman guna mengatasi persaingan unsur hara pada tanaman.

9. Penjarangan dan Penyulaman
Penjarangan dilakukan 7 hst dengan cara meninggalkan satu tanaman yang pertumbuhannya baik. Sedangkan penyulaman dilakukan apabila tanaman pada lubang tanam tidak ada yang tumbuh atau mati.

10. Pembumbunan
Pembumbunan dimaksudkan untuk memperkokoh berdirinya tanaman dan mendekatkan unsur hara. Pembumbunan dilakukan secara bersamaan dengan penyiangan ke 2 yaitu pada umur 42 HST.

11. Pengendalian Hama dan Penyakit
Untuk mencegah serangan hama pada awalnya pertumbuhan dan tanaman diberikan insektisida Furadan 3G pada saat tanam sebanyak 20 kg/ha (9 gr/petak) yang di berikan pada lubang tanam. Pengendalian hama selanjutnya dengan menyemprotkan insektisida decis 2,5 EC dengan konsentrasi 2 ml/liter, larutan yang diberikan pada umur 20 hst, 27 hst dan 33 hst.
Adapun penyakit yang menyerang yaitu:
- Bulai
Penyakit ini terkenal bagi tanaman jagung disebabkan oleh cendawa yang merajalela, tanaman yang terserang cenderung mengalami kematian. Penyakit ini di takuti para petani. Cara pengendaliannya; tanaman di cabut jika terserang lalu dimusnahkan atau disemprot dengan fungisida.
- Bercak Daun.
Penyakit ini ditemukan di daerah lembab, yang disebabkan oleh Cendawan
Cara pengendaliannya; mengatur kelembaban lahan agar tidak lembab, atau dengan cara menyemprotkan Pestisida.
- Karat.
Tanaman ini tumbuh di tanaman yang sudah tua, Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Pucunia songin. Akibatnya: bijinya tidak sempurna. Proses pembuahan tidak terbentuk. Cara pengendalian: melakukan sanitasi pada areal penanaman jagung, mencabut tanaman jika terserang, menyemprotkan fungisida pestisida.

12. Pemanenan
Pemanenan dilakukan pada saat tanaman berumur 60 hst yang ditandai dengan kelobot sudah bewarna kuning, bijinya sudah cukup keras dan mengkilap, apabila ditusuk dengan kedua ibu jari biji tersebut tidak berbekas, kadar air biji sekitar 25% – 30%

Resep Makanan : Petai

Ikan Asin Petai

Bahan-bahan:

- ikan asin 200 gr, dicuci dan dipotong-potong dan digoreng
- petai satu papan, diambil dagingnya
- 1 biji bawang bombay, diiris tipis-tipis
- 2 batang daun bawang, diiris agak tebal
- 2 buah tomat hijau
- 2 buah tomat merah, dipotong-potong
- 6 buah cabai rawit
- 4 buah cabai merah, diiris miring
- 1 sendok teh air asam jawa
- 1 batang serai, dimemarkan
- 1 potong lengkuas
- 2 sendok makan kecap manis
- vetsin
- 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
- 100 ml air bersih


Cara membuatnya :

- tumiskan bawang bombay, bawang putih, cabai hijau dan cabai merah
- masukkan serai, lengkuas dan petai, dibiarkan hingga harum
- masukkan ikan asin yang sudah digoreng dan masukkan tomat hijau, diaduk hingga rata
- masukkan kecap manis, air asam jawa dan air bersih, kemudian masak hingga air berkurang
- masukkan daun bawang dan tomat merah, diaduk sebentar
- matang, selesai dan diangkat. Hidangkan...pasti harum dan nikmat.

Membuat Pestisida Organik

Bahan-bahan yang digunakan :

- 500 ml Larutan aktivator EM
- 500 ml larutan molase atau larutan gula
- 2 liter air kelapa
- 2 liter air tajin/air beras
- 200 ml alkohol 40%
- 100 ml cuka makan
- 2 sendok makan minyak tanah
- 4 batang sereh
- 2 jempol tangan kunyit
- 2 jempol tangan lengkuas
- 2 jempol tangan jahe
- 10 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 10 buah cabai merah
- 2,5 ons daun mindi
- 2,5 ons daun sirsak
- 2,5 ons daun mengkudu
- 2,5 ons daun pepaya
- 2,5 ons daun jarak

Peralatan yang digunakan :

- blender
- jirigen 10 liter
- kayu pengaduk
- sarung tangan plastik/karet
- masker kain

Cara membuatnya :
  • Potong kecil atau cincang sereh, jahe, kunyit, lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun mindi, daun jarak, daun mengkudu, daun pepaya, dan daun sirsak
  • masukkan semua bahan yang telah dipotong ke dalam blender untuk dihancurkan dan dihaluskan
  • masukkan air kelapa secukupnya ke dalam blender agar semua ekstrak dari bahan didalamnya dapat digunakan dan tidak tersisa di blender
  • tuangkan semua bahan di dalam blender ke dalam jirigen
  • masukkan larutan EM, air tajin, molase, air kelapa, alkohol, cuka makan, minyak tanah, ke dalam jirigen yang berisi bahan atau ramuan tadi, diaduk hingga rata
  • tutup rapat jirigen dan disimpan dalam suhu ruangan
  • dikocok atau digoyang-goyang setiap pagi dan sore selama 2-5 menit dan setiap selesai dikocok langsung dibuka tutup jirigen sesaat atau sebentar untuk membuang gas dari ramuan pestisida yang terbentuk karena proses fermentasi dan kemudian ditutup rapat kembali
  • perlakuan pengocokan ini dilakukan selama 2 minggu
  • setelah dua minggu maka perlakuan pengocokan dihentikan dan dibiarkan untuk disimpan selama 7 hari lagi dan jirigen ditutup rapat
  • setelah disimpan selama 7 hari maka proses pembuatan pestisida organik ini dapat digunakan
  • penggunaan pestisida diaplikasikan dengan campuran 5-10 ml pestisida organik dalam 1 liter air atau 500 ml - 1 liter pestisida organik dalam 100 liter air.
  • selamat menggunakan pestisida organik ini, saya sudah menerapkannya dan hasilnya sangat memuaskan.

Sabtu, 08 Januari 2011

Make Money Online from Paid Review: LinkFromBlog

LinkFromBlog - Paid Blogging WebsiteThe latest opportunity to make money from blogging is by writing reviews for advertisers through LinkFromBlog. LinkFromBlog is a new website which allows bloggers to earn money from their blog by writing reviews about the advertiser’s services or products. Although, it is a lot similar to other paid-reviews site such as PayPerPost, Blogsvertise and Smorty – LinkFromBlog looks very promising for bloggers like you and me.

Earning money from paid reviews is one of the easiest ways to make money online. Also, there are no issues of a review being illegal or unethical. LinkFromBlog allows you to monetize your blog in a very easy way.

There are a lot of features that gives LinkFromBlog an edge over its competition. One of the most helpful features is that they allow the advertiser to search for a blogger choosing a parameter of their choice. They offer an array of parameters to advertisers for selecting the blog they want to advertise on. An advertiser can select the blog based on its Page Rank, Alexa Rank, Domain Age, Country, Language, backlinks etc.

One of the most attractive features about LinkFromBlog for bloggers is that they do not charge any kind of commission from bloggers. This is really a great point to encourage more and more quality bloggers to enter their market place.

LinkFromBlog offers a quick and easy registration process with minimum fuss. Also, it offers a very simple interface to the user to add blogs into the account dashboard. But each blog is activated only after it is approved by the site administrator. The approval is done by placing an invisible counter at the bottom of any one of your post. This counter code is given to you on the completion of your registration process. LinkFromBlog claims that this invisible counter will allow them to gauss how many ‘real’ people have read your post. On the acknowledgement of this – the blog is approved. This process allows LinkFromBlog to maintain high standard blogs in their market place.

All approved bloggers can send an invitation to write advertiser reviews by choosing advertisers from a list. The advertiser can then accept or reject your invitation. He also has the capacity to send you a counter-offer in case the price you set for him is not favorable. However, it is important that you carefully go through the requirements of an advertiser before you write a review. It is his choice if he wants to send the review for re-editing or decline it directly.

So LinkFromBlog is great way to make money online. One can go for a free registration here and start monetizing your blog.

Mendaftarkan Blog Anda Di Paid Review Progam : LinkFromBlog

Pertama daftarkan dulu email anda dilinkfromblog . Setelah mendaftar di linkfromblog, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog kita. Untuk langkah-langkahnya, perhatikan dibawah ini;

1. Log in dan di dashboard akun kita di linkfromblog, klik Add new blog. Lihat contoh dibawah.


2. Silakan isi kolom - kolom yang disediakan. Setelah selesai klik Save.

3. Maka blog baru di daftarkan terlihat di blog list. Ingat di linkfronblog, semua blog yang didaftarkan pasti diapproved oleh mereka.

4. Langkah selanjutnya yaitu meng Aktifkan blog kita. Tujuan Aktivasi adalah
  • untuk mengetahui tingkat popularity dari blog yang didaftarkanuntuk
  • untuk mengetahui seberapa bonus atau credit yang pantas diberikan untuk blog kita berdasarkan tingakt popularitas blog kita.
  • untuk bisa mendapatkan job.
Untuk mengaktifkannya, lihat tulisan bagian Action dan klik tulisan Activate. Lihat contoh dibawah.


5. Kita akan diarahkan ke bagian Blog Activation.


Yang harus kita lakukan untuk mengaktifkan blog kita adalah:
  • membuat sebuah postingan (activation post) tentang Linkfromblog diblog yang didaftarkan. Didalam activation post tsb, dimasukan visible counter code atau invisible counter code. Invisible counter code bisa dilihat di kotak ungu diatas. Sedangkan untuk mengambil visible counter code, lihat tulisan Select visible counter (panah merah) dan diklik, akan muncul empat macam visible counter. Pilih salah satunya dan dimasukan di activation post. Jangan lupa masukan clickable text (kotak hijau diatas) didalam postingan.
  • Kalau menggunakan invisible counter code, masukan juga affiliate link atau banner (affliate link atau banner, lihat kotak pink diatas dan klik). Tapi kalau menggunakan visible counter, tidak perlu menggunakan affiloate link atau banner. Setelah postingan jadi, copy url dari activation post tsb dan masukan di kotak biru diatas dan klik Activate.
  • Kalau kita tidak ingin membuat activation post, cukup dengan memasukan conuter code di postingan terakhir dari blog yang didaftarkan. Copy url dari postingan tersebut, kemudian masukan di kotak biru di atas dan klik Activate.
Untuk melihat contoh dari Activation post, click disini.

6. Kalau url dari activation blog sudah disubmit, maka status Action nya berubah dari activate menjadi moderation. Moderation berarti pihak linkfromblog akan mengecheck blog yang di daftarkan.


7. Sampai disini, kita hanya menunggu pengechekan yang mereka lakukan dan berapa bonus yang mereka berikan untuk blog kita.

Rabu, 05 Januari 2011

Lowongan Kerja Pertanian Januari 2011

1. LOWONGAN TEKNIK PERTANIAN dan ELEKTRO di PT. Heinz ABC Indonesia Karawang

URGENTLY REQUIRED

Production Supervisor (SPVP)
· S1 graduated in Agricultural Technology, Industrial Chemistry with experience especially in Food and Beverage Industries for supervisory level minimum 3 years.

Production Section Head (SHP)
· S1/ D3 graduated in Agricultural Technology, Industrial Chemistry with experience especially in Food and Beverage Industries minimum 2 years.

Quality Control Staff (SQC)
· D3 graduated in Agricultural Technology, Industrial Chemistry with experience especially in Food and Beverage Industries minimum 2 years.

Engineering Sub Section Head (SHE)
· D3 graduated in Electronic Technical with experience in Industries minimum 2 years.

GENERAL REQUIREMENTS:

§ Strong leadership, result oriented, hard working, highly motivated, ability to work under pressure, good analytical aptitude, creative, innovative, flexible, resourceful, well presented, well organized, fast learned, result oriented, honest, good communication and correspondence skills.

Good in English both oral & written
§ Proficient in Microsoft Office

Please submit a comprehensive resume, current and expected salary details and recent photograph no later than 14 days from the date of advertisement to:

HR Department
PT. Heinz ABC Indonesia Karawang
Walahar, Klari, Karawang Timur,
41371
Jawa Barat



2. BIO INTI AGRINDO, PT

We are one of the Companies with main business in Palm Oil Plantation. We operate our business in Papua. If you have a plantation experience, passion for excellence, are sensitive to different culture, enjoy the challenges in a new environment and ultimately aspire to build a professional career with our group as :


Palm Oil Planner Manager

Kualifikasi :

* Pria
* Pendidikan minimal S1 (Pertanian)
* Pengalaman 5 tahun pada posisi yang sama di perkebunan Kelapa Sawit
* Memiliki jiwa kepemimpinan, mampu bekerja secara team/mandiri dan mampu berkomunikasi dengan baik.
* Memiliki kemampuan analisa masalah dan pengambilan keputusan yang baik
* Berorientasi pada proses kerja yang efisien dan efektif
* Bersedia melakukan tugas dinas di lapangan.


Lamaran lengkap beserta pas foto terbaru dapat dikirim ke :

hrdbia@gmail.com



3. AVISHA POTENSI ABADI, PT
We are one of consultant Recruitment Company, we are seeking a candidate one position below for my client which moving in Plantation business:

Director Plantation
Requirements:

* Male / Female
* Age 40 – 45 years old
* Bachelor degree in any majoring from reputable University. Master degree would be an advantage
* Having experience in the similar position for 7 years. Preferably from agribusiness or plantation
* Can speak English fluently
* Strong interpersonal and communication skills, and proven ability to work effectively with a wide range of diverse people
* Positive mind set, highly motivated with strong analytical ability and problem solving skills
* Would like to work under pressure
* Strong leadership
* Would like to be relocated in Sumatera or Kalimantan

Send your application and letter and CV complete to :

Email: ratna@avisha.co.id (cc) ratna_avisha@yahoo.com


4. AGRO HARAPAN LESTARI, PT (AGRO GROUP)

We are a well established foreign conglomerate having business interest in palm oil plantations, breweries, financial services and leisure. PT. Agro Harapan Lestari (AGRO GROUP) is the groups’ plantations in Indonesia who has a land bank in excess of 100,000 hectares of plantations and mills in Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan and Kalimantan Timur. In line with our expansion plans and commitments for growth, we are now seeking to recruit high caliber and dynamic professionals


Assistant Manager - RSPO Coordinator [AMRSPO]

Summary/Function:

Assist RSPO Coordinator in ensuring compliance's of the company business operations and practices with to the round-table on sustainable palm oil (RSPO) and Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) principles and criteria. The position holders is also responsible in monitoring, identification of non-conformance and recommendations to ensure that all business operations and process of all business units are in line with the corporate value, policies, and programs, and in conformance with good corporate practices.

Duties and Responsibilities:

* Assist RSPO Coordinator in the oversights and supervision of the implementation of RSPO P & C throughout operational units.
* Assist in the process of improvement of internal system to ensure compliance of business operations and practices to RSPO P & C and the corporate policies through:
o Documentation of all corporate policies, programs, projects and initiatives related to internal system improvements and RSPO P & Cs
o Develop baseline data on RSPO P & Cs related initiatives and requirements
o Monitor the implementations of RSPO related initiatives, including capacity building exercise, stakeholders relations and continuous and corrective actions of each business units
o Closely work all concerned departments to monitor the implementation of corrective actions program in all business unit towards full compliance
o Translating and analysis of gaps and discrepancies
o Assist is stakeholders consultation and public engagement in certification process
* Compliance assistant is to support consultant and certifying body in performing assessment and audit, and in following-up recommendation on the implementation to mitigate and address emerging issues related to the implementation of RSPO P & C .

Requirements:

* Male or female, age 28 - 38 and good health
* Bachelor’s degree in public administration, social sciences, agriculture, natural resources management
* Proven experience with project and staff management, and proven ability to deal with a range of stakeholders including local community, media workers, NGO, government agencies.
* A minimum of 5 years experience in relevant field of palm oil plantations, certification, and performance audit.
* Strong writing skills and superior interpersonal communication skills needed.
* Must be highly organized and able to multitask and work within deadlines
* Other knowledge, skills and abilities:
o Fluency in both Indonesian and English.
o Good knowledge of the palm oil industry and current environmental issues.
o Highly computer literate – extensive experience utilizing Microsoft Office.
o Familiarity with ISO certification system and process would be an advantage.
o Knowledge on sustainable palm oil development, environmental management and conservation, and social sciences.

If you got what it takes to take on the challenge, please submit your application within two weeks indicating the job code of the post applied in the subject column to:

recruitment@agroholdings-id.com


5. PT. AGRO HARAPAN LESTARI

We are a well established foreign conglomerate having business interest in palm oil plantations, breweries, financial services and leisure. PT. Agro Harapan Lestari (AGRO GROUP) is the groups plantations in Indonesia who has a land bank in excess of 100,000 hectares of plantations and mills in Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan and Kalimantan Timur. In line with our expansion plans and commitments for growth, we are now seeking to recruit high caliber and dynamic professionals.


EHS Manager [EHSM]
(Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur)


Responsibilities:
" Summary/Function:
o Assist general manager in developing, implementing and evaluating of environment, health and safety strategy, policy, standard and procedures. This position holder also must ensure compliance's of the estate & mill operations and practices with relevant rules and regulation including other EHS standard such as ISO and OHSAS in line to long term goal to achieve the round-table on sustainable palm oil (RSPO) principles and criteria. The position holders is also responsible in monitoring, identification of non-conformance's and recommendations to ensure that estate and mill operations and processes are in line with the corporate values, policies, and programs, and in conformance's with good corporate practices.
" Duties and Responsibilities:
o Develop estate EHS strategy, management plan and conduct regular monitoring, field inspection and EHS performance evaluating including delivery of EHS matter awareness to employee and staff. Regularly report the progress of EHS compliance.
o Develop, implement and evaluate best practices in environment health and safety in estate through:
o Develop overall EHS Strategic direction for the estate and asses its effectiveness towards meeting the corporate goals and strategies
o Prepare short term and medium to long term EHS activity plans and verify/coordinate the budgets for estate. Submit proposals and obtain necessary internal approvals for implementation
o Identify and update the applicable environmental and safety laws and regulation including required license and evaluate the compliance status
o Liaise with consultants and ensure timely receipt of EHS related approvals (i.e. AMDAL) for plantation projects.
o Setting and carried up of EHS monitoring systems and measurement program for reporting performance/regulatory compliances at estate, review of progress and deriving action plans for improvement where necessary
o Carry out Environment & safety induction meeting and training of estate employees related to EHS
o Develop and review Environmental & Safety policy/procedure/programs in accordance to International Standards (ISO & OHSAS) and ensuring the effectiveness of its implementation, and benchmark with industry EHS best practice relating to plantation and milling industry
o Conduct environmental aspect impact register, hazard identification and risk assessment which cooperate with Respective estate staff
o Adhere to all EHS issues and implementing according to EHS advise
o Setting up of staff safety and health standards to eliminate risks associated with hazards at work
o Lead in the investigation of accidents or injuries/illness to develop solutions and prevent recurrence
o Build effective relation with relevant NGOs and government officer
o Provide advisory/technical support related to Environmental & safety on process safety management, installation of new equipment and facilities at estate area


Requirements:
o Candidate must possess at least a bachelor's degree in environmental, health, safety, agriculture, forestry, or conservation biology.
o At least 5 year(s) of working experience in the related field is required for this position.
o Have certification: AMDAL, EHS Audit (ISO, OHSAS, SMK3).
o Knowladge on AMDAL, ISO 14K, OHSAS, HCV and RSPO standard
o Preferably managers specializing in agriculture, forestry or equivalent. Job role in agriculture/plantation or forestry.
o Required language(s): English, Bahasa Indonesia
o 1 Full-Time positions available.
If you got what it takes to take on the challenge, please submit your application within two weeks indicating the job code of the post applied in the subject column to:

recruitment@agroholdings-id.com
or
send by post to:
PT. AGRO HARAPAN LESTARI
Menara Global Lt.16
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.27
Jakarta 12950


6. PT. Fajar Baizury & Brothers

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit, mencari professional yang ahli dan berpengalaman di bidangnya, memiliki integritas yang kuat serta mempunyai motivasi yang tinggi dalam berprestasi untuk menempati beberapa posisi:

Asisten Afdelling (ASF)
(Aceh - NAGAN RAYA)

Responsibilities:
" Membantu Asisten Kepala dalam mengawasi kegiatan tanaman baik dalam
" pemakaian material hingga pencapaian target produksi
Requirements:
" Pria
" Usia maksimal 32 tahun
" Minimal D3/S1 Agronomi
" Pengalaman minimal 2 tahun di posisi yang sama;
" Telah dan atau sedang melakukan pekerjaan pembukaan lahan serta penanaman kelapa sawit dengan luas kebun > 500 Ha per tahun
" Dapat bekerja dalam tim dan merupakan personel yang berkarakter Lapangan
" Pernah mengelola area bibitan dapat dijadikan sebagai nilai tambah
Kirimkan CV , Surat Lamaran disertai dengan pas foto terbaru ke alamat e-mail berikut ini:
recruitment@fbg.co.id or melati@fbg.co.id


7. PT Matahari Kahuripan Indonesia (MAKIN Group)

a rapidly growing company with its location spread in all over Indonesia (mostly in Sumatera, Kalimantan and Sulawesi), is the holding company of numerous subsidiaries involved in various sectors of agribusiness, including palm oil, reforestation, timber estate, and clove plantation.

The company is now seeking a highly qualified candidates for the position:


FIELD ASSISTANT (FA) - Sumatera & Kalimantan

REQUIREMENTS:

*Bachelor Degree majoring in Agronomy
*Having min. 2 years experience in handling 500 - 1000 Ha oil palm plantation
*Willing to be placed in Sumatera & Kalimantan


send your resume to:

HRD DEPARTMENT

PT MATAHARI KAHURIPAN INDONESIA

Jl KH Wahid Hasyim Kav. 188 – 190

Jakarta Pusat 10250


8. SALIM IVOMAS PRATAMA, PT

Perusahaan kami yang tergabung dalam Indofood-Group, bergerak dalam bidang Agribisnis berupa perkebunan, pengolahan kelapa sawit, serta memproduksi dan memasarkan minyak goreng, margarin dan lemak nabati, membutuhkan tenaga-tenaga yang ulet, dinamis dan menyukai tantangan, untuk bergabung bersama kami dengan posisi :


ASISTEN KEBUN - AKB
Penempatan : Sumatera / Kalimantan

Persyaratan :

" Pria, usia max. 28 tahun
" Lulus Ujian Negara / PTS dengan IPK min. 2,75
" Pendidikan : D-3/S-1 Pertanian (Agronomi/ Budidaya Perkebunan, Ilmu Tanah, Ilmu Hama & Penyakit Tanaman, Sosek. Pertanian)
" Memiliki kemampuan memimpin
" Memiliki daya juang yang tinggi dan good interpersonal skills

Jika anda merasa sesuai dengan kualifikasi di atas, silahkan kirimkan lamaran lengkap anda
Ke alamat berikut :

Human Resources Department
PT. Salim Ivomas Pratama
Sudirman Plaza, Indofood Tower Lt. 11
Jl. Jend. Sudirman Kav. 76-78
Jakarta 12910
Atau melalui email ke :
HR.recruitment@simp.co.id


9. PT CCM (Chemical Company of Malaysia) Agripharma is a subsidiary of CCM Chemicals SDN BHD and a member of the CCM Group of companies in Malaysia. For over 50 years of experience in the fertilizer industry, CCM Agripharma manufactures high quality fertilizers product which has and will continue to help improve agricultural yields significantly, resulting in high quality produce for the market place. From the beginning, CCMA has embarked on a research and development (R&D) program aimed at formulating the best fertilizers for both plantation and cash crops. While much of this R&D is undertaken by our own personnel, we also collaborate closely with the Government’s agricultural research institutions to produce fertilizers suitable for all crops in Indonesia. With a large dealer network, our fertilizers are easily available to our customers and the agricultural community throughout the country. Our core business activities are divided into Chemicals, Pharmaceuticals and Fertilizers Divisions. We also represent more than 50 globally renowned companies in the ASEAN region.
To support its aggressive expansion plan in Indonesia we are seeking dynamic and highly motivated individuals to fill the positions of :


SENIOR EXECUTIVE AGRONOMIST (SEA)

(MEDAN BASED)

RESPONSIBILITIES:

* Support Sales Team to bring in sales volume to the company through technical support
* Establish and maintain relationships with plantations as well as other customer
* Handle existing customers and look for new potential customer
* Develop and implement Fertilizers Sales Application Program for sales growth.
* Support customer to improve how customer approach the soil and the plants they grow
* Focus on new product development and serve as intermediaries between the customers and company
* To communicate project & research results to other professionals or demonstrate to the public.
* To recommend the customers, the best practices for soil conservation and plant growth.
* To investigate problem sources poor soil and water and determine the effects.


REQUIREMENTS:

* Male / Female, preferably below 35 years old
* Bachelor Degree majoring in Agriculture
* Minimum 5 (Five) years of experience as Agronomist.
* Strategic thinker and result oriented with excellent communication, interpersonal skill and presentation skill
* Computer literate (MS Office & Windows Application)
* Willing to travel when required
* Candidate will be placed in Medan


PT CCM Agripharma offers excellent career opportunities to the successful candidates who possess drive and initiative.

Please send your CV, put the position code at your email subject to

application@ccmindonesia.co.id


10. PT Triputra Agro Persada

Triputra Agro Persada merupakan salah satu anak perusahaan dari Triputra Group yang fokus dibidang perkebunan kelapa sawit dan karet berskala nasional. Saat ini Triputra Agro Persada sudah memiliki luas lahan (landbank) seluas 200.000 ha dan beberapa pabrik pengolahan CPO (minyak kelapa sawit mentah). Lahan yang dikembangkan tersebar di wilayah Propinsi Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat yang didukung oleh 6.000 karyawan. Sehubungan dengan program ekspansi dan perkembangan yang pesat tersebut, maka kami mengajak para tenaga-tenaga muda berpotensi dan berorientasi masa depan untuk berkembang bersama kami sebagai:


Asisten Lapangan
(Kalimantan)

Requirements:
" Pendidikan Minimal S1.
" Usia maksimal 30 tahun.
" Memiliki pengalaman di posisi yang sama (Asisten Lapangan) di perusahaan perkebunan kelapa sawit min. 2 tahun.
" Memiliki kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan interpersonal yang baik.
" Bersedia Ditempatkan di Perkebunan yang Tersebar di Kalimantan
Kirimkan CV Lengkap & Foto anda ke :

hr.recruitment@tap-agri.com
visit our website www.tap-agri.com

TRIPUTRA AGRO PERSADA GROUP
RECRUITMENT & DEVELOPMENT DEPARTMENT
The East Building 23th Floor
Lingkar Mega Kuningan Street Kav. E 3.2 No.1
Kuningan - South Jakarta 12950


11. PT. Fajar Baizury & Brothers, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit, mencari professional yang ahli dan berpengalaman di bidangnya, memiliki integritas yang kuat serta mempunyai motivasi yang tinggi dalam berprestasi untuk menempati beberapa posisi:

Asisten Kepala
(Aceh - NAGAN RAYA)

Responsibilities:
" Membantu Administratur Kebun dalam mengawasi kegiatan tanaman baik dalam
" pemakaian material hingga pencapaian target produksi


Requirements:
" Pria
" Usia maksimal 40 tahun
" Minimal D3/S1 Agronomi
" Pengalaman minimal 4 tahun di posisi yang sama
" Telah dan atau sedang melakukan pekerjaan pembukaan lahan serta penanaman kelapa sawit dengan luas kebun > 1.000 Ha per tahun atau secara komulatif mencapai >1.500 Ha
" Memahami manajemen operasional perkebunan dan sumber daya manusia;
" Dapat bekerja dalam tim dan merupakan personel yang berkarakter lapangan
" Pernah mengelola area bibitan dapat dijadikan sebagai nilai tambah
Kirimkan CV , Surat Lamaran disertai dengan pas foto terbaru ke alamat e-mail berikut ini:

recruitment@fbg.co.id or melati@fbg.co.id



12. PT SMART Tbk. is an integrated palm-based consumer company under the umbrella of SINAR MAS GROUP, one of well established conglomerate in Indonesia.

The company owns and manages plantations, mills and refineries which manufactured branded and unbranded cooking oil, branded margarine and shortening. SMART's products are divided into three categories Retail, Industrial and Bulk. Retail products are designed for household consumption. Whereas industrial products are aimed at supplying noodle factories, confection factories, bakeries, fast food chains, hotels, hospitals, restaurants, and so forth. The latter category fetches the premium gross margin as customer requirements are tailor-made to specifications. The branded products cater not only for local but also for international consumption. Finally, bulk products are unbranded and unpacked goods targeted for mass consumption.

Whilst for our upstream operation, we implement an on-going plantation expansion program and concurrently replanting the old or less productive trees. The integrated structure within the company has ensured good quality and steady supply of raw material, CPO, for its product requirement at a competitive cost.
The company has embarked into an extensive research and development program both at refineries and at plantation areas to optimize the plantation output in order to cope with the growing demand of our products.
Indonesia¡¦s economic expansion and rising consumer demand are creating business opportunities for the company. Backed by its highly experienced management team over decades, established brand names and large oil palm plantations at Sumatra and Kalimantan, PT SMART Tbk., will continue to benefit from Indonesia¡¦s rising of disposable income and abundance supply of raw material.
To strengthen its position, PT SMART Tbk. entered into a strategic partnership and joint ventures such as with four prominent Japanese companies, PT Sinar Oleo Chemical International, in manufacturing downstream palm oil products such as oleo chemical, used in leading cosmetics and personal cares company. The company also has a joint venture with the Ayala Group of Philippines, PT Sinar Pure Foods International, in tuna canning operations.
Through an integration and pursuit of excellence in its major products and services, PT SMART Tbk. is destined to become the prominent edible palm-based consumer player in the global market.

P.T. SMART Tbk. has been embarking on a major management innovation program to create a high performance Olympic Culture. For this objective we wish to recruit dynamic, highly motivated and committed candidates for future leaders in our several business units.


Basic Management Development Program Agronomi (BMDP Agronomi)

Kualifikasi :

1. Minimal D3 dari Fakultas Pertanian (Jurusan : Agronomi, Hama Penyakit Tanaman, Ilmu Tanah, Agribisnis, Agroteknologi) atau Fakultas Kehutanan (Jurusan : Konservasi Sumber Daya Hutan, Budidaya Hutan)

2. Tidak Buta warna partial ataupun total

3. Bersedia menjalani ikatan dinas 2 tahun dengan lokasi penempatan di seluruh wilayah operational perusahaan (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua)

Plasa BII Jakarta, 51 Jl. Mh Thamrin, Jakarta Pusat 10350, Indonesia