Jumat, 01 Oktober 2010

Memahami Kesuburan Tanah Dengan Mengenali Unsur Hara Yang Dibutuhkan Tanaman


Tanah yang subur adalah jika didalamnya tersedia unsur hara secara lengkap yang dibutuhkan tanaman. Setidaknya ada 16 unsur hara yang dibutuhkan tanaman agar pertumbuhannya normal yaitu Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N), Fosfor (P), Potasium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur (S), Klor (Cl), Boron (B), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Besi (Fe), Seng (Zn) dan Molibdenum (Mo).

Ke-16 unsur hara tersebut diperoleh tanaman dari udara dalam bentuk gas yaitu Karbon (K) dalam Karbondioksida (CO2O), Oksigen (O2), dan Hidrogen (H2O). Unsur hara Hidrogen dan Oksigen dapat juga diperoleh dari air. Sedangkan 13 unsur hara lainnya didapat tanaman dari dalam tanah.

Enam dari tiga belas unsur hara yang diperoleh dari dalam tanah tersebut yaitu N, P, K, Ca, S dan Mg dibutuhkan tanaman dengan jumlah yang besar sehingga disebut dengan unsur hara makro. Terutama unsur hara N, P dan K dibutuhkan mutlak oleh tanaman sehingga disebut juga unsur hara pokok. Sedangkan unsur hara S, Ca dan Mg boleh ada dan boleh tidak meski dibutuhkan dalam jumlah banyak sehingga disebut unsur hara penunjang.

Sementara tujuh unsur hara lainnya yaitu Cl, B, Cu, Mn, Fe, Zn dan Mo diperlukan dalam jumlah sedikit oleh tanaman tetapi sebaiknya harus ada agar pertumbuhan tanaman optimal dan produktivitas maksimal. Ketujuh unsur hara ini disebut unsur hara mikro.

Tiga belas unsur hara makro dan mikro ini dibutuhkan tanaman dengan kegunaan dan khasiatnya masing-masing. Untuk menanggulangi kekurangan unsur hara di dalam tanah yang dibutuhkan tanaman maka tanah atau tanamannya diberi pupuk yang memiliki kandungan unsur hara.

Banyak masyarakat terutama petani kita belum mengetahui akan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Sebagian besar petani hanya tahu memupuk tetapi tidak mengetahui atau mengenali unsur hara di dalam tanah, unsur hara pada pupuk, kegunaan dan khasiat unsur hara dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Jadi pahami dan kenali unsur hara yang dibutuhkan tanaman terutama tiga belas unsur hara dalam tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar