Senin, 11 Oktober 2010

Memahami Kesuburan Tanah Dengan Mengetahui Jenis Struktur Tanahnya


Struktur tanah adalah gumpalan kecil dari partikel-partikel tanah dan terjadi jika partikel-partikel saling terikat oleh perekatnya yaitu bahan organik atau oksida besi. Struktur tanah terbagi atas beberapa jenis yakni tanah liat yang berpartikel halus , tanah pasir yang berbutir kasar dan tanah gembur yang berpartikel remah.

1. Tanah Liat

Tanah yang tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil dan halus sehingga cenderung tersusun rapat, padat dan saling melekat. Dengan tanah yang berkarakteristik seperti ini hanya memiliki sedikit celah atau rongga untuk sirkulasi air, unsur hara dan udara didalamnya sehingga sulit diserap akar tanaman.

Hujan atau penyiraman berlebih akan menahan air dengan ketat sehingga becek dan lembab dan sirkulasi udara lambat sehingga kemungkinan akar tanaman rusak dan membusuk. Sedangkan pada kondisi kering menjadi menggumpal, padat, mengeras dan kedap terhadap udara sehingga akar tidak dapat menembus struktur atau lapisan tanahnya.

Dengan sifat-sifat tersebut maka akan dapat dikatakan tanah liat merupakan tanah yang tidak subur bagi tanaman.

2. Tanah Berpasir

Tanah yang memiliki partikel sangat kasar dan besar, memiliki banyak rongga atau berporous dan tidak saling merekat satu sama lain. Sehingga air dan unsur hara mudah merembes jauh ke dalam tanah dan sulit untuk disimpan akibatnya tidak terjangkau dan terserap akar tanaman.

Dengan sifat-sifat tanah berpasir tersebut dapat dikatakan juga merupakan tanah atau media yang tidak baik dan subur bagi tanaman.

3. Tanah Gembur

Tanah yang memiliki partikel remah, campuran antara debu, liat dan pasir serta memiliki rongga rongga yang baik dan cukup untuk menyimpan air dan udara.

Didalam tanah, air dan udara mendukung mikroorganisme tanah dalam proses dekomposisi mineral dan zat organik sehingga zat hara yang dibutuhkan tanaman mudah diserap oleh akar tanaman.

Dengan sifat atau karakteristik tersebut maka tanah gembur merupakan tanah yang baik dan subur bagi tanaman.

Jadi struktur tanah ada bermacam-macam tetapi yang baik bagi tanaman adalah struktur tanah yang remah atau gembur yang mengandung zat organik, anorganik, air dan udara yang cukup bagi tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar