Senin, 15 Juli 2013

10 Makanan Populer di Dunia Hasil 'Kecelakaan'

Roti lapis alias sandwich dan keripik sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, tahukah Anda bahwa makanan tersebut tercipta akibat ‘kecelakaan’? Ada banyak makanan populer lainnya yang tercipta akibat ketidaksengajaan.

Berikut makanan-makanan populer di dunia yang lahir berkat ‘kecelakaan’, seperti diulas Telegraph:

Sandwich
Sandwich terkenal ini dinamai John Montagu. Dalam sejarahnya dikatakan bahwa sang pangeran, yang sedang sibuk bermain kartu, memerintahkan pelayannya untuk membawakan daging di antara dua potong roti. Dengan cara ini, dia tidak harus berhenti mengonsumsi makanan yang baik karena daging kesukaannya diselipkan ke dalam roti gandum yang sehat.

Saus WorcestershireSaus Worcestershire diciptakan oleh kimiawan Inggris, John Wheeley Lea dan William Henry Perrins, di abad ke-19. Pasangan ini diminta membuat saus dengan rasa yang kuat untuk kliennya yang menyukai masakan India, tetapi produk yang mereka ciptakan ternyata begitu kuat. Mereka menyimpannya selama beberapa tahun dan ketika mereka mencoba lagi, mereka kagum karena rasanya menjadi sempurna.

Eton Mess
Sebuah mitos populer menyatakan bahwa Eton Mess, yakni racikan krim yang terbuat dari stroberi, meringue, dan krim pertama kali dibuat ketika seorang murid yang populer di sekolah menjatuhkan makanan penutup berupa meringue.

Cerita lain berpendapat bahwa eton mess diciptakan ketika Labrador, yang berada pada jajaran makanan penutup, ada di keranjang piknik seseorang pada Eton Open Day.

Loli drumstick (permen lollipop)Loli drumstick dikabarkan tercipta sebagai hasil dari kesalahan pada 1950-an, ketika seseorang di pabrik Swizzels-Matlow yang sedang bereksperimen dengan mesin baru dan berhasil menciptakan permen lolipop dengan dua rasa.

Keripik renyah

Meskipun masih dalam perdebatan, juru masak Amerika bernama George Crum disebutkan sebagai penemu penganan renyah. Dikatakan bahwa pada suatu hari di tahun 1853, pelanggan mengeluh bahwa keripik yang dibuat Crum terlalu tebal sehingga Crum memutuskan untuk membalas dendam. Dia mengiris tipis-tipis, lalu memanggangnya hingga garing dan menaburkan dengan garam. Nyatanya, pelanggan sangat menyukai keripik renyah tersebut.

 Kue kering chocolate chip
Sejarah mengatakan bahwa kue kering chocolate chip pertama kali dibuat di sebuah restoran di Massachussets, Amerika Serikat, pada 1930-an. Pada saat itu, pemilik restoran, Ruth Graves Wakefield, menambahkan potongan cokelat untuk campuran kue karena berharap coklat akan mencair dan mengubah adonan menjadi berwarna kecokelatan. Uniknya, kue tersebut tetap utuh yang menandai terciptanya kue kering chocolate chip.

Crêpe SuzetteHenri Charpentier, seorang pelayan Prancis, mengklaim telah menemukan Crêpe Suzette, sebuah crêpe dengan saus karamel beralkohol, di sebuah restoran Monte Carlo pada 1895. Charpentier sengaja membakar saus crêpes yang dipersiapkan untuk melayani pengunjung dari sebuah kelompok terkenal, di mana terdapat Prince of Wales Inggris, keturunan Raja Edward VII dalam kelompok tersebut. Pangeran mengatakan jika hidangan tersebut lezat, dan meminta untuk memberi nama hidangan tersebut seperti nama temannya, seorang wanita Prancis bernama Suzette.

Es lolli atau es lilinEs pop atau lilin diciptakan  dengan penuh inisiatif oleh bocah 11 tahun bernama Frank Epperson pada 1905. Frank meletakkan segelas soda dengan sebuat stik pengaduk di teras rumahnya di San Francisco. Keesokan harinya, setelah malam yang dingin, minuman tersebut membeku. Frank menarik stik dan terkejut karena minuman tersebut membeku. Sembilan tahun kemudian, ia mematenkan es loli sebagai "popsicles (es lilin)".

Tarte tatin (tart apel)
Hidangan penutup di Prancis ini memiliki kisah menarik di balik pembuatannya. Ceritanya berlangsung pada 1880-an, di sebuah hotel milik dua saudara perempuan, Stephanie dan Tatin Caroline. Stéphanie yang lelah sedang membuat tart apel, hanya saja apelnya menjadi kematangan, jadi dia mencoba menyelamatkan dengan meletakkan kue di atas. Kecelakaan, hingga akhirnya dia menciptakan sebuah tart yang dipanggang dengan kue di atas.

Liquorice allsorts (permen licorice)
Permen dari licorice atau akar manis ini sangat populer di Inggris. Menurut cerita, Liquorice allsorts diciptakan pada 1899, ketika seorang salesman Bassett sengaja menjatuhkan nampan berisi contoh hidangan manis yang berbeda kepada kliennya. Klien menyukai campuran warna cerah dan bentuknya, permen ini kemudian menjadi terkenal setelahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar