Selasa, 06 April 2010

TIPS AMPUH : MENGHENTIKAN MIMISAN


MENGHENTIKAN MIMISAN

Hidung berdarah (Kedokteran: epistaksis atau Inggris: epistaxis) atau mimisan adalah mengeluarkan darah dari hidung yang keluar dari hidung. Penyebabnya mungkin karena benturan atau jatuh, kurang vitamin C , ada benda asing masuk ke hidung dan masih banyak penyebab lainnya.

Mimisan atau epistaksis memang bukan penyakit tetapi merupakan indikasi adanya suatu gangguan pada tubuh. Mimisan dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu mimisan ringan dan mimisan berat.

1. Daun Sirih
Untuk menghentikan mimisan tersebut bisa dipergunakan daun sirih. Caranya mudah, ambil daun sirih kemudian cuci bersih, patahkan batangnya kemudian daunnya digulung dan masukkan ke dalam lubang hidung yang mengalami mimisan.

Selama hidung disumbat dianjurkan agar sipenderita harus direbahkan, tidak boleh duduk apalagi berdiri. Biarkan rebah selama kurang lebih seperempat jam atau setengah jam, darah sudah tak akan keluar lagi dan mimisannya lenyap.

2. Akar Alang-Alang
60 gr akar alang direbus dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat

3. Kangkung
25 gr kangkung segar dicuci bersih dengan air matang secukupnya dan kemudian dibuat menjadi jus untuk diminum

4. Jagung
50 gr rambut jagung direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring kemudian diminum selagi hangat.

Semoga ramuan ini berguna bagi teman sekalian, terutama untuk pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter atau rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar